Melanjutkan postingan saya pada tanggal 1 Desember 2011, berikut ini saya membantu menghitung beban kerja pamong belajar muda yang tidak mengampu mata pelajaran atau satuan pendidikan nonformal. Pamong belajar yang tidak mengampu mata pelajaran/satuan pendidikan nonformal harus mampu melakukan kegiatan sub unsur di luar kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan yang saya simulasikan ini diasumsikan dilaksanakan pada bulan Desember sehingga pamong belajar bisa membantu melaksanakan analisis hasil belajar pembelajaran yang dilakukan pamong belajar lainnya yang mengampu mata pelajaran/satuan pendidikan nonformal. Di samping itu, ia melakukan kegiatan pengkajian program PNFI yang dilakukan dalam satu bulan berjalan.

Pamong belajar muda pada minggu pertama bulan Desember melaksanakan penyusunan desain pengkajian sebagai anggota dan menganalisis hasil penilaian pembelajaran masing-masing sekali sudah memenuhi beban kerja minimal dalam satu minggu. Perhitungan dapat diperhatikan pada gambar berikut ini.

pengkajian-minggu-1

Selanjutnya pada minggu berikutnya pamong belajar muda tersebut menyusun instrumen pengkajian program sebagai anggota, dan melaksanakan diskusi terfokus hasil penilaian pembelajaran pelatihan/ pembimbingan. Kedua butir kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari pelaksanaan kegiatan pada minggu sebelumnya. Namun demikian kedua butir tersebut belum mencukupi ketentuan minimal beban kerja, oleh karena itu pamong belajar tersebut menambah kegiatan lainnya, yaitu menganalisis hasil penilaian pembelajaran sebanyak 2 kali. Adapun perincian perhitungan dapat diperhatikan pada gambar berikut ini.

pengkajian-minggu-2

Pada minggu ketiga pamong belajar muda tersebut sudah mendapatkan kesulitan untuk memenuhi ketentuan beban kerja minimal jika hanya melanjutkan kegiatan minggu sebelumnya dan tidak mendapatkan tambahan butir kegiatan. Angka kredit yang diperoleh adalah 0,44; sedangkan beban kerjanya adalah 22 jam. Jika tidak mendapatkan tambahan kegiatan lainnya maka ia tidak memenuhi ketentuan minimal beban kerja.

pengkajian-minggu-3-

Jika pada minggu ketiga pamong belajar tersebut bisa melaksanakan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, serta pelaporan pengkajian program, sebagai anggota maka ia akan mendapatkan tambahan angka kredit 0,36 sehingga total jumlahnya adalah 0,80 dan beban kerja adalah 40 jam.

Namun demikian pada minggu keempat ia akan mengalami kesulitan untuk memenuhi beban kerja minimal. Karenanya memang yang lebih bijak pamong belajar memiliki jadwal mengajar pada satuan pendidikan nonformal. Berdasarkan simulasi yang saya paparkan pada tulisan yang lalu minimal dalam satu minggu mengajar selama 4 kali pertemuan dan sekali melaksanakan penilaian di akhir setiap minggunya. Hal ini perlu menjadi renungan kita (pamong belajar) bersama.