ensiklopediaYogyakarta (27/10) Informasi berupa pengetahuan yang komprehensif tentang pendidikan nonformal di dunia maya masih sangat sulit ditemui. Praktisi, penggiat bahkan kalangan akademisi merasa kesulitan ketika googling dengan kosa kata seputar pendidikan nonformal. Belum banyak laman yang menyediakan informasi pendidikan nonformal. Ada beberapa laman yang menyediakan informasi pendidikan nonformal namun belum terstruktur menjadi sebuah informasi yang komprehensif dan cepat dipahami sebagaimana layaknya sebuah ensiklopedia.

Ensiklopedia pendidikan nonformal digital bisa disusun bersama oleh asosiasi, penggiat dan akademisi yang mau secara sukarela dan bertanggungjawab sebagai kontributor. Himpunan Penggiat Teknologi Informasi dan Komunikasi PNF siap untuk memfasilitasi dan merealisasikan gagasan ini.

Berbagai istilah, nomenklatur, standar pendidikan nonformal dan informasi lainnya disusun oleh kontributor sesuai bidang keahliannya. Ensiklopedia pendidikan nonformal meliputi Informasi seputar pendidikan anak usia dini, kursus dan pelatihan, pendidikan kesetaraan, pendidikan keaksaraan, dan pendidikan masyarakat lainnya.

Seluruh konten ensiklopedia pendidikan nonformal diurutkan berdasarkan abjad. Namun ensiklopedia yang disusun tidak terjebak menjadi kamus yaitu daftar kata-kata yang dijelaskan dengan kata-kata lainnya. Ensiklopedia pendidikan nonformal diharapkan mampu menyajikan sebuah daftar hal-hal seputar pendidikan nonformal yang kadang kala dilengkapi dengan gambar untuk lebih menjelaskan.

Gagasan ensiklopedia pendidikan nonformal merupakan salah satu jawaban atas pertanyaan peran apa yang bisa diberikan oleh Himpunan Penggiat Teknologi Informasi dan Komunikasi PNF (HPTIK PNF) bagi dunia pendidikan nonformal. Namun terwujudnya gagasan ini sudah barang tentu tidak akan terlepas dari peran serta semua asosiasi mitra pendidikan nonformal. Karena HPTIK PNF sejatinya merupakan wadah bergabungnya PTK PAUDNI yang mempunyai komitmen memajukan layanan pendidikan nonformal dengan menggunakan sentuhan teknologi informasi dan komunikasi.

Ensiklopedia Pramuka merupakan salah satu contoh ensiklopedia khusus yang sedang tumbuh dan berkembang dengan konten berasal dari kontributor di samping tim penyusun.