Memulai Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan

Yogyakarta (6/12/2018) Kurikulum 2013 pada pendidikan kesetaraan wajib segera diimplementasikan karena perangkat kurikulum sudah siap, minimal untuk setara kelas awal yaitu Paket A setara kelas IV SD, Paket B setara kelas VII SMP, dan Paket C setara kelas X SMA.

Pemberlakuan kurikulum dilakukan bertahap sejak rombongan belajar, tidak serentak untuk semua rombongan belajar. Sehingga dalam satu tahun pelajaran ada rombongan belajar yang melaksanakan kurikulum 2013 dan rombongan belajar yang melaksanakan kurikulum lama. Misalnya pada tahun pelajaran 2018/2019 Paket C Tingkatan 5 setara kelas X menggunakan kurikulum 2013, setara kelas XI dan setara XII masih menggunakan kurikulum lama.

Bagaimana satuan pendidikan dan tutor melaksanakan persiapan implementasi kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan?

Pertama, agar satuan pendidikan memiliki legal standing maka implementasi kurikulum 2013 harus memiliki dasar hokum yang jelas pada tingkat satuan pendidikan. Oleh karena itu harus ada penetapan atau keputusan satuan pendidikan berupa surat keputusan berdasarkan hasil lokakarya peninjauan kurikulum. Lokakarya peninjauan kurikulum dapat diselenggarakan pada masa pergantian tahun pelajaran yang diikuti oleh seluruh tutor dan pemangku kepentingan di satuan pendidikan. Salah satu keputusan lokakarya adalah penggunaan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran mendatang. Keputusan tersebut dimuat dalam notulen lokakarya.

Untuk melengkapi hasil lokakarya kemudian disusun standar kompetensi lulusan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Rumusan standar kompetensi lulusan yang disusun merujuk pada permendikbud tersebut dengan memilah sesuai dengan program yang diselenggarakan (Paket A, Paket B, dan atau Paket C).

Selanjutnya satuan pendidikan harus melakukan distribusi satuan kredit kompetensi (SKK) untuk setiap mata pelajaran. Hal ini harus dilakukan karena beban belajar kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan disajikan secara utuh, tidak didistribusi per mata pelajaran. Menjadi tugas satuan pendidikan untuk mendistribusi SKK tersebut. Hasil distribusi SKK tersebut dimasukkan dalam dokumen satu kurikulum satuan pendidikan (KTSP Dokumen I).

Kedua, setiap tutor harus melakukan berbagai persiapan. Langkah pertama yang harus dilakukan tutor adalah mencermati dokumen kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan. Langkah ini penting untuk memahami filosofi dan struktur kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan. Berikutnya tutor wajib membaca silabus mata pelajaran dan modul. Setelah itu tutor melakukan analisis modul dengan tujuan agar dapat menetapkan materi pelajaran yang akan dibelajarkan, bentuk pembelajaran (tatap muka, tutorial dan atau mandiri) serta alokasi waktu yang diperlukan. Analisis modul ini menjadi penting sebagai dasar untuk menyusun RPP agar sesuai dengan pelaksanaan yang sesungguhnya. Tidak sekedar RPP untuk kepentingan pemenuhan borang akreditasi.

Jika langkah-langkah di atas dilakukan, maka penetapan kurikulum 2013 ada dasarnya di tingkat satuan pendidikan, tidak serta merta melaksanakan K13 pendidikan kesetaraan. Disarankan agar menyelenggarakan in house training untuk melakukan analisis modul, penyusunan perangkat pembelajaran (silabus, RPP dan penilaian). Jika diperlukan menyelenggarakan secara terpadu antar satuan pendidikan agar dapat saling membantu antar satuan pendidikan karena keterbatasan jumlah tutor.

5 tanggapan pada “Memulai Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan”

  1. Terima kasih sekali Pak Fauzi Pencerahannya, ini sangat memotivasi saya untuk mencoba menyusun silabus, RPP.
    Mohon berkenan kirim contoh silabus dan RPP Paket B dan C Pak, Trima kasih.

  2. Alhamduliah, akhirnya saya menemukan sumber yang kredible terkait PKBM. saya sangat antusias terhadap kegitan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. insyallah saya kan merintis PKBM berbasis pemenuhan skill dibidang marketing digital. Mohon sumbang saran dari para bapak ibu senior.
    Jazakallah.

    Elan Jaelani
    Bandung kabupaten

  3. This is nice Blog, Good Information,
    saya juga sebagai tutor di sebuah PKBM di Bali,
    kepada pemilik blog ini terimakasih informasinya sangat bermanfaat,
    we can be a friends my Fb : kabeh nuza modifyer, email me : nusakabeh@gmail.com

Komentar ditutup.