UNPK HS Primagama 007Yogyakarta (09/10) Sebelas siswa “Primagama Homeschooling” yang mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraaan (UNPK) Paket C pada Juli 2012 diterima di PTN/PTS. Ir. Kusnanto, MM Direktur “Primagama Homeschooling” menjelaskan bahwa 4 (empat) siswanya diterima di PTN dan 7 (tujuh) lainnya diterima di PTN.

Pada UNPK bulan Juli 2012 “Primagama Homeschooling” mengikutsertakan 23 orang siswa yang meliputi 11 orang Paket C, 7 orang Paket B, dan 5 orang Paket A. Dari kesebelas siswa peserta UNPK Paket C lulus dan berhasil menembus PTN/PTS. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui homeschooling mampu memberikan bekal kepada siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Keempat orang yang diterima di PTN masing-masing diterima di program studi Manajemen (UGM), Filsafat (UGM), Komunikasi (Unpad) dan Manajemen (Unibraw). Sedangkan tujuh orang yang diterima di PTS menyebar di UII, Universitas Atmajaya dan UPN Yogyakarta.

UNPK HS Primagama 006Keinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi juga ada dalam benak peserta UNPK Paket C periode II ini. Sebut saja Neisha (17 tahun) dan Chandra (18), yang merupakan jebolan salah satu sekolah swasta favorit di Yogyakarta, juga ingin melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus Paket C. Neisha dan Chandra memilih jalur homeschooling di Primagama karena  merasa jadwal sekolah sangat padat, tidak semua mata pelajaran ia butuhkan sehingga ia lebih memilih homeschooling.

Bimbingan belajar di “Primagama Homeschooling” tidak hanya menekankan aspek kognitif saja, namun juga mengedepankan pengembangan karakter, demikian ungkap Ir. Kusnanto, MM. Pembinaan karakter sudah satu paket dengan kurikulum homeschooling. Karena itulah dalam pelaksanaan ujian Paket C, “Primagama Homeschooling” memilih lokasi yang melaksanakan ujian nasional di lembaga yang tidak menerapkan “tim sukses”, yaitu di SKB Kota Yogyakarta.