Anis Wulansari 300

Anisa Wulansari, kini kuliah di Psikolgi UII Yogyakarta

Oleh Sabatina Rukmi W.

Program Paket C SKB Kota Yogyakarta sejak awal berdiri, memberi kesempatan bagi masyarakat usia sekolah dan masyarakat umum, mendapatkan kesempatan belajar setara Sekolah Menengah Atas/Umum(SMA/SMU). Dalam perkembangannya visi misi dan tujuan program Paket C SKB Kota Yogyakarta, menciptakan peserta didik yang kreatif, inovatif, kompetitif, mandiri, dan berbudi pekerti luhur. Mengembangkan potensi dan optimalisasi penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan kecakapan hidup untuk bekerja atau berwirausaha.

Program paket C SKB Kota Yogyakarta telah terakreditasi BAN PNF No. 014/SKEP/STS-AKR/BAN PNF/XII/2011 lebih menjunjung proses pembelajaran. Salah satu lembaga Paket C rintisan Standar Nasional Pendidikan (SNP), memenuhi standar minimal SNP. Mendidik peserta didik yang jujur, bermartabat, dan berbudi mulia.

Sudijarto, M.Pd. selaku pengelola Paket C SKB Kota Yogyakarta menjelaskan, pembelajaran tatap muka, tutorial dan tugas mandiri. Dibimbing para tutor dengan kualifikasi pendidikan sesuai bidang studi yang diampu. Bekal keterampilan fungsional komputer, tata boga, dan menjahit dibimbing tutor LKP mitra Paket C SKB Kota Yogyakarta.

Jumlah peserta didik stabil tiap tahun ajaran penerimaan peserta, setara kelas sepuluh (X) 25 orang, setara kelas sebelas (XI) 46 orang, dan setara kelas dua belas (XII) 55 orang. Bertempat di gedung SKB Kota Yogyakarta unit Batikan, Jalan Manunggal 667 B, Umbulharjo, Yogyakarta. Hari Senin, Rabu, dan Kamis peserta didik belajar dari jam 13.30 – 17.30 WIB, dua mata pelajaran tiap hari.

Yoddi Satriyo Nugroho alumni Paket C SKB Kota Yogyakarta tahun 2008, calon sarjana pendidikan bahasa Inggris UNY merasa senang mendapat kesempatan belajar. Ijazah Paket C telah mengantarkan ke salah satu  Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Yogyakarta. Pendidikan dan keterampilan diperoleh saat mengikuti pembelajaran Paket C SKB Kota Yogyakarta bekal utama untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. “Kesempatan pasti datang ketika kita berusaha dengan keyakinan kuat,” tegas Yoddi.

“Belajar dengan senang dan nyaman, tidak perlu berseragam, dan pagi harinya dapat melakukan aktifitas lain,” ungkap Gantang, alumni tahun 2011 mengenang waktu Paket C di SKB Kota Yogyakarta. Gantang mahasiswa D3 Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UNY, mendapat bekal pengetahuan dan motivasi untuk mandiri dan belajar sepanjang hayat. Kesempatan berharga meraih cita-cita dengan usaha keras dan kesungguhan.

Anies Wulansari mahasiswi Fakultas Psikologi UII angkatan 2011 merasa senang dan bangga mendapat kesempatan belajar di Paket C dan kuliah di UII. “Selalu ada kesempatan meraih cita-cita setinggi-tingginya, belajar dan berusaha, pasti tercapai keinginan,” kata Anies. Bekal pengetahuan dan keterampilan menjadi modal meraih cita-cita ke jenjang yang lebih tinggi. “Belajar dan terus belajar, motivasi diri sendiri untuk meraih masa depan lebih baik,” tambahnya.

Harapan mendatang Paket C SKB Kota Yogyakarta semakin meningkat kualitas proses pembelajaran dan kelulusan. Dapat mengantar peserta didik meraih masa depan lebih baik. Pengakuan dan penghargaan sama bagi lulusan Paket C memasuki semua sektor lapangan kerja dan institusi pendidikan pada jenjang lebih tinggi. Perhatian pemerintah lebih meningkat terutama dukungan dana anggaran untuk pemenuhan delapan standar pendidikan, termasuk kesejahteraan tutor. “Masyarakat diharapkan mengikuti pendidikan melalui proses yang benar, jangan memilih jalur instan jalan pintas,” pungkas Sudijarto.

Sabatina RukmiSabatina Rukmi W adalah reporter Buletin Hamemayu, majalah dwibulanan yang diterbitkan oleh Balai Pengembangan Kegiatan Belajar DIY.