Foto 24 Agustus 2005 035Tema lomba karya tulis penilik pada pelaksanaan Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informasl (PTK PAUDNI) Tahun 2012 adalah metode pelaksanaan pembimbingan terhadap PTK PAUDNI dalam Penyelenggaraan PAUDNI. Fokusnya adalah metode atau cara yang digunakan dalam melakukan pembimbingan terhadap PTK PAUDNI yang mencakup proses pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Pelaksanaan pembimbingan kepada PTK PAUDNI oleh penilik merupakan muara dari dua tahapan kegiatan kepenilikan sebelumnya, yaitu pelaksanaan pemantauan program PAUDNI dan pelaksanaan penilaian program PAUDNI. Artinya pelaksanaan pembimbingan dilaksanakan setelah adanya fakta dan data berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian. Dengan demikian untuk melaksanakan pembimbingan harus didasarkan data hasil pemantauan dan penilaian program PAUDNI.

Pelaksanaan pembimbingan dan pembinaan oleh penilik dilakukan kepada pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan nonformal. Berdasarkan rincian butir kegiatan penilik, maka pelaksanaan pembimbingan dan pembinaan meliputi:

  1. pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan standar pendidikan;
  2. pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan PNF dalam melakukan penelitian atau pengembangan pembelajaran, pelatihan, dan/atau pembimbingan; dan
  3. pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan PNF dalam menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran dan teknologi informasi untuk kegiatan pembalajaran, pelatihan, dan bimbingan.

Tema lomba karya tulis penilik pada Apresiasi PTK PAUDNI Tahun 2012 lebih cenderung pada rincian butir kegiatan yang pertama dengan fokus pembinaan proses pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan.Kata kunci yang harus dipegang dalam penulisan karya tulis adalah adanya data hasil pemantauan dan penilaian terkait dengan aspek pembelajaran dan pengelolaan program PAUDNI berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Berdasarkan kesenjangan itulah kemudian akan ditemukan metode bimbingan apa yang tepat digunakan dalam mengatasi persoalan terkait proses pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI yang didasarkan hasil pemantauan dan penilaian oleh penilik itu sendiri.