logo dikbudYogyakarta (28/2/2014) Untuk kesekiankalinya, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (PPTK Dikdas)pada tahun 2014 kembali menyelenggarakan Lomba Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diikuti oleh guru SMP.

“Lomba  ini  merupakan  ajang  kompetisi inovasi pembelajaran  dalam  pendekatan,  model,  metode,  strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan  mutu  hasil  belajar  siswa.” Demikian ungkap Sumarna Supranata, Direktur PPTK Dikdas Kemdikbud.

“Melalui  lomba  ini  karya-karya inovasi  yang  terpilih  dapat  menjadi  rujukan  bagi  Guru SMP  untuk meningkatkan mutu pembelajarannya” tambah Sumarna Supranata.

Sasaran peserta kegiatan Lomba Inobel bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2014 adalah guru SMP di seluruh Indonesia, yang mencakup guru mata pelajaran (1)  Pendidikan Agama dan Budi Pekerti; (2)   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; (3)Bahasa Indonesia; (4) Matematika; (5) Ilmu Pengetahuan Alam; (6) Ilmu Pengetahuan Sosial; (7) Bahasa Inggris; (8) Seni dan Budaya; (9) Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan; dan (10) Prakarya.

Akan dipilih 99 nominator dari seluruh karya inobel yang masuk dan akan ditetapkan 10 terbaik tingkat nasional.

Tema Lomba Inobel bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2014 adalah “Inovasiku mendukung Implementasi Kurikulum 2013 Menyiapkan Generasi Emas tahun 2045”. Materi lomba berupa Pengembangan dari tema. Isi karya yang dilombakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

Syarat dan ketentuan lain Lomba Inobel dapat klik di sini. [fep]