LKT Pengelola PAUDOleh: Indrayati (Pamong Belajar BPKB DIY)

Alhamdulillah Apresiasi PAUDNI Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013 sudah berlangsung dengan lancar, hasil lomba sudah diumumkan. Ada perasaan gembira, ada perasaan kecewa itu pasti dirasakan oleh peserta. Untuk yang menang kami ucapkan selamat, dan bagi peserta yang belum berhasil di ajang ini, jangan kecewa  tetaplah berkarya dan tetaplah  semangat.

Sejatinya setiap insan PTK PAUDNI yang berparisipasi dalam Apresiasi PAUDNI sebagai peserta, sudah menjadi pemenang karena diyakini mengikuti lomba ini berarti sudah berjuang, dan sudah berusaha untuk menghasilkan karya yang terbaik dan mempresentasikan di depan dewan yuri. Hal itu bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Berani mengikuti lomba sudah merupakan prestasi yang luar biasa, karena keberaniannya patut diacungi jempol.

Karena itu teruslah tetap berkarya, masih ada apresiasi tahun depan yang menanti. Dan sejatinya bukanlah kemenangan diharapkan pada ajang seperti ini, karya dan pengabdian insan PTK PAUDNI di masyarakat  jauh lebih berharga dan itulah hakekat dari perjuangan dan pengabdian yang dilakukan untuk bangsa dan negara ini.

Lima belas mata lomba telah digelar pada hari Rabu 22 Mei 2013, sebagian menempati ruangan di Gedung Baru Labsite PAUD BPKB DIY dan sebagian lagi menempati ruangan di  gedung kantor BPKB DIY di Sorowajan Baru Banguntapan Yogyakarta. Bisa dibayangkan betapa riuhnya suasana ajang Apresiasi PAUDNI yang yang dihadiri oleh segenap pelakon PAUDNI dari berbagai elemen masyarakat PAUDNI antara lain dari  LKP berbagai jenis kursus, TBM, PAUD, PKBM, SKB, berbaur dalam suasana yang sangat membahagiakan, dalam suasana yang hingar bingar dalam suasana yang akrab, dan bisa jadi menjadi ajang saling bertemunya antara kawan yang sudah lama tidak bersua. Meski demikian harapan dan kecemasan tersirat diraut wajah mereka yang harap-harap cemas menanti eksekusi perjuangan yang sudah dilakukan selama ini.

Persiapan kegiatan yang sudah dilakukan BPKB DIY sebagai penyelenggara Apresiasi PAUDNI 2013 sebenarnya sudah dilakukan dengan maksimal, semua aparat BPKB sudah melaksanakan tugas sebaik-baiknya, seiyeg sak eko kapti, bah membahu untuk mempersiapkannya, agar supaya ajang akbar ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar dan menghasilkan calon pejuang PAUDNI di tingkat nasional bulan Oktober mendatang. Namun demikian ibaratnya semua itu tidak ada yang sempurna, di sana sini masih ada kekurangan, dan itu hal yang lumrah. Dan secara umum penyelenggaraan ajang akbar ini lancar dan sukses dan sudah menghasilkan calon pejuang, yang mudah-mudahan dapat membawa harum Daerah Istimewa Yogyakarta di ajang Apresiasi PAUDNI Tingkat Nasional Tahun 2013 dan harapannya mendapatkan Juara Umum. Amin.

Apresiasi PAUDNI disambut sangat antusias oleh pengelola maupun pendidik PAUD. Dari target 15 peserta untuk pengelola PAUD diikuti 14 peserta, dan target 15 peserta untuk pendidik PAUD, diikuti oleh 14 peserta, dan itu merupakan peserta terbanyak di ajang Apresiasi PAUDNI di DIY, dibandingkan dengan jumlah peserta untuk lomba lainnya.

Apresiasi Pengelola PAUDNI,dengan jenis Lomba Karya Tertulis (LKT) mengusung tema Manajemen PAUD berbasis Masyarakat (satu Desa satu PAUD). Penilaian/ penjurian dipercayakan kepada Ibu Dr. Pujiyanti Fauziyah dari UNY, Ibu Indrayati dari BPKB dan Ibu Suyatminah S.Pd dari Himpaudi Kabupaten Bantul.

Banyak cerita unik dari ajang ini, tapi yang perlu kita acungi jempol adalah semangat dan perjuangan mereka untuk mengikuti ajang ini, mengharapkan yang terbaik, sehingga didalam presentasinya mereka berusaha untuk meyakinkan Yuri dan tampil dengan sebaik-baiknya. Serunya ajang ini, membuat bangga juga bagi yuri lomba,banyak dari peserta yang tampil mengesankan, santun dan wajar, ada sebagian tampil dengan penuh percaya diri sehingga terkesan over, namun ada juga yang tampil seadanya, semua mewarnai ajang apresisiasi ini. Disamping itu, ada juga sebagian dari peserta tidak memperhatikan tema apresiasi ini sehingga, jauh dari harapan kami. Apapun yang sudah dilakukan oleh peserta sangat membanggakan bagi kami. Dari ajang apresiasi ini tim yuri memutuskan dan menetapkan sebagai berikut:

  1. Pemenang Pertama: Ismuningsih, SE, Pengelola PAUD asal kabupaten Sleman
  2. Pemenang Kedua: Siti Nurahmaliyah, S.Pd, Pengelola PAUD asal Kota Yogyakarta
  3. Pemenang Ketiga: Marieta, Pengelola PAUD asal kabupaten Sleman

Selamat bagi sang juara, tetap bersemangat bagi yang belum meraih kejuaraan. Khusus juara I, perjuangan anda di ajang Apresiasi PAUDNI belum selesai, masih perlu berjuang dan menata diri, semoga keputusan kami untuk mencalonkan anda sebagai duta Daerah Istimewa Yogyakarta di ajang Apresiasi PAUDNI Tingkat Nasional akan membawa nama harum Daerah Istimewa Yogyakarta.