logo dikbudYogyakarta (10/05) Laman atau website pemerintah merupakan rujukan bagi masyarakat terhadap berbagai kebijakan dan informasi terkini, yang sudah barang tentu ditunggu oleh khalayak. Apalagi di era informasi ini sudah menjadi kebutuhan untuk mendapatkan informasi terkini melalui laman resmi pemerintah. Namun admin laman Kemdikbud telah melakukan kecerobohan dengan melakukan posting dua peraturan dengan nomor dan tanggal yang sama, padahal ada perbedaan substansi.

revisi POS UN 2013Pada saat tulisan ini diunggah pada pengumuman laman Kemdikbud tentang POS UN UNPK masih mencantumkan dua file berbeda dengan nomor dan tanggal dokumen yang sama namun ada perbedaan substansi yaitu Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0020/P/BSNP/I/2013 tentang Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, Sekolah Menengah Kejuruan, Serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha, Program Paket C, Dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2012/2013. Dua-duanya bernomor sama, bertanggal sama, berperihal sama, tapi ada sedikit perbedaan.

Aneh sekali, ada dua dokumen dengan nomor, perihal, dan tanggal yang sama tapi ada perbedaan isi dan diunggah oleh laman resmi pemerintah (Kemdikbud). Lebih fatal lagi file revisi POS hasil revisi jika diunggah kita akan memperoleh file dengan nama file “2013 Peraturan-POS-KOREKSIAN-05-02-2013” padahal peraturan tersebut ditanda-tangani tanggal 29 Januari 2013, tapi dikoreksi tanggal 5 Februari 2013.

Jika memang ada koreksi, mengapa BSNP tidak menerbitkan peraturan baru yang menyebutkan bagian-bagian yang direvisi. Sehingga masyarakat luas akan mengetahui bagian mana yang direvisi atau dikoreksi.

Baca juga: Soal UN SMP/MTs, SMA/MA dan Paket C Tetap 20 Paket