revisi K13Jakarta (23/07/2016) Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merevisi kurikulum 2013 dengan menerbitkan revisi standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah, standar isi pendidikan dasar dan menengah, standar proses pendidikan dasar dan menengah serta kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan menengah. Lalu bagaimana dengan kurikulum pendidikan kesetaraan?

Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah direvisi melalui Permendikbud nomor 20 Tahun 2016. Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Pada dokumen Permendikbud nomor 20 Tahun 2016 pada pasal 1 ayat (2) disebutkan bahwa standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah meliputi (a) Kompetensi Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; (b) Kompetensi Lulusan SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan (c) Kompetensi Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/Paket C.

Artinya, standar kompetensi lulusan Paket A, Paket B dan Paket C sudah tercakup dalam permendikbud tersebut. Uraian standar kompetensi lulusan tercantum sebagaimana pada lampiran permendikbud.

Standar isi pendidikan dasar dan menengah hasil revisi kurikulum 2013 diatur melalui Permendikbud nomor 21 Tahun 2016. Standar isi untuk pendidikan dasar dan menengah yang selanjutnya disebut standar isi  terdiri dari tingkat kompetensi dan kompetensi inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Tingkat kompetensi disebutkan terdiri dari tingkat pendidikan anak (TK/RA), tingkat pendidikan dasar (SD/MI/SDLB/Paket A dan SMP/MTs/SMPLB/Paket B), dan tingkat pendidikan menengah (SMA/MA/SMALB/Paket C). Selanjutnya dalam menguraikan kompetensi inti selalu disebutkan Paket A, Paket B dan Paket C dalam setiap tingkat kompetensi, dan setiapa mata pelajaran.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa standar isi Paket A, Paket B, dan Paket C sudah diatur dalam Permendikbud nomor 21 Tahun 2016.

Standar proses pendidikan dasar dan menengah selanjutnya disebut  standar  proses merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan  satuan pendidikan dasar menengah untuk mencapai kompetensi lulusan. Standar proses hasil revisi kurikulum 13 diatur dalam Permendikbud nomor 22 Tahun 2016.

Pada lampiran Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 disebutkan bahwa karakteristik proses pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik kompetensi. Pembelajaran tematik terpadu di SD/MI/SDLB/Paket A disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Karakteristik proses pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik kompetensi. Pembelajaran tematik terpadu di SMP/MTs/SMPLB/Paket B disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Proses pembelajaran di SMP/MTs/SMPLB/Paket B disesuaikan dengan karakteristik kompetensi yang mulai memperkenalkan mata pelajaran dengan mempertahankan tematik terpadu pada IPA dan IPS. Karakteristik proses pembelajaran di SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket  C secara keseluruhan berbasis mata pelajaran, meskipun pendekatan tematik masih dipertahankan.

Selanjutnya dalam uraian lampiran dijelaskan tentang perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan  pembelajaran (RPP) yang mengacu pada standar  isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Penjelasan mengenai desain pembelajaran ini secara eksplisit disebutkan juga termasuk untuk Paket A, Paket B danPaket C.

Penjelasan tentang persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran belum mengatur secara eksplisit untuk Paket A, Paket B dan Paket C. Ketentuan alokasi waktu pembelajaran, rombongan belajar dan pengelolaan kelas hanya berlaku untuk SD, SMP, SMA/SMK. Bagian uraian pelaksanaan pembelajaran tidak secara eksplisit mengatur untuk pendidikan kesetaraan. Begitu pula pada bagian penilaian dan pengawasan proses pembelajaran.

Namun demikian dapat disimpulkan bahwa standar proses sudah mencakup Paket A, Paket B dan Paket C walaupun masih diperlukan dukungan dokumen berupa pedoman yang bisa saja diatur oleh Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Artinya secara umum standar kompetensi lulusan, standar isi dan standar proses Paket A, Paket B dan Paket C sudah diatur dan dicakup dalam berbagai peraturan yang merevisi kurikulum 2013. Selanjutnya untuk melakukan pengembangan kurikulum berupa silabus dan RPP satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan dapat mengacu pula Permendikbud nomor 24 tahun 2014 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Idealnya kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada pendidikan kesetaraan diatur secara terpisah, namun sambil menunggu terbitnya peraturan yang khusus mengatur Paket A, Paket B dan Paket C Permendikbud nomor 24 tahun 2014 dapat dijadikan acuan untuk menemukan rumusan kompetensi inti dan kompetensi dasar sebagai acuan untuk mengembangkan silabus dan RPP serta pelaksanaan proses pembelajaran.

Untuk mengunduh Permendikbud terkait dengan penyempurnaan kurikulum 2013 dapat klik tautan berikut:

  1. Permendikbud nomor 20 Tahun 2016 Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  2. Permendikbud nomor 21 Tahun 2016 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
  3. Permendikbud nomor 22 Tahun 2016 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
  4. Permendikbud nomor 23 Tahun 2016 Standar Penilaian Pendidikan; dan
  5. Permendikbud nomor 24 Tahun 2016 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.