LJUN 2013Yogyakarta (15/04) Hati-hati jika akan memperbaiki lembar jawab ujian nasional (LJUN), jika tidak bisa jadi lembar jawab akan sobek. Salah seorang siswi SMA Taman Madya Tamansiswa Jetis Yogyakarta sampai menangis karena kedapatan LJUN-nya sobek ketika hendak mengoreksi jawaban yang salah.

Bambang Sindu, salah seorang panitia menjelaskan bahwa salah seorang peserta UN IPA SMA SMA Taman Madya Tamansiswa Jetis Yogyakarta menghapus dengan alat penghapus ketika akan membetulkan jawaban pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. “Kualitas kertas LJUN tipis sehingga LJUN berlobang” ungkap Bambang menjelaskan penyebab berlobangnya kertas LJUN. Ketika fauziep.com meraba LJUN memang dirasakan LJUN sangat tipis.

Robeknya kertas LJUN ini sampai membuat siswa yang tidak disebut namanya tersebut menangis karena takut tidak lulus UN. “Kejadian tersebut sudah dilaporkan Kepala Sekolah kepada Ketua Rayon, dan diberi solusi untuk dilaporkan dalam berita acara” ungkap Bambang Sindu. Hanya sebatas itu solusinya. Tidak mungkin mengganti LJUN dengan yang lainnya karena LJUN sudah berpasangan dengan naskah soal, mengganti LJUN berarti harus mengerjakan soal dari awal karena naskah soal yang berbeda.

Jeleknya kualitas LJUN akan menambah daftar persoalan setelah tertundanya pelaksaaan ujian nasional di 11 provinsi.