pelaksanaan UNJakarta (16/10/2015) Berdasarkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) nomor 035/P/BSNP/IX/2015 telah ditetapkan kisi-kisi ujian nasional untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, termasuk untuk Program Paket B dan Paket C.

Kisi-kisi ujian nasional merupakan acuan dalam pengembangan dan perakitan soal ujian nasional yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.  Kisi-kisi soal ujian nasional menggambarkan kedalaman dan keluasan materi serta level yang diukur.

Berdasarkan peraturan BSNP yang ditandatangani pada tanggal 29 September 2015 tersebut, kisi-kisi ujian nasional disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Artinya kisi-kisi berupa irisan, sehingga tidak perlu dicemaskan bagi satuan pendidikan kesetaraan karena belum menerapkan kurikulum 2013 karena kisi-kisi pasti termuat dalam standar isi sebagaimana tercantum pada Permendiknas Nomor 14 Tahun 2007 alias masih menggunakan KSTP.

Untuk mendapatkan kisi-kisi ujian nasional pendidikan kesetaraan program Paket B dan Paket C dapat diunduh dari laman aslinya di BSNP, silahkan klik disini. [fep]