Jambore PTK-PNF_08 109Yogyakarta (08/08/14) Ada anggapan pengelolaan pendidikan kesetaraan ketika berpindah ke Dikmen lebih buruk, termasuk pemberian penghargaan atau apresiasi kepada tutornya. Namun kenyataannya justru sebaliknya.

Dalam catatan fauziep.com, selama perhelatan Jambore PTK PNF dan Apresiasi PTK PAUDNI belum pernah sekalipun Tutor Kejar Paket C dilombakan sebagai bagian dari ajang prestasi insan PTK PAUDNI itu. Namun sejak dikelola untuk Ditjen Dikmen melalui Direktorat Pembinaan PTK Dikmen, pemilihan Tutor Paket Berprestasi selalu menjadi bagian dari agenda kegiatan tahunan bersama pemilihan Guru SMA Berprestasi, Guru SMK Berprestasi, Pengawas Berprestasi, Kepala SMA Berprestasi dan Kepala SMK Berprestasi.

Pada ajang pemilihan insan PTK PNF berprestasi (dulu ketika masih PNF/PNFI) hanya sempat dilombakan Tutor Paket B selama dua kali (2008 dan 2009). Untuk Tutor Paket C sama sekali belum pernah diikutkan dalam lomba karya nyata tingkat nasional.

Beberapa tahun terakhir sejak di Dikmen, Tutor Paket C yang sudah mengabdi dan memiliki prestasi di seluruh Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah. Pemilihan Tutor Berprestasi dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi dimulai bulan Mei mulai dari tingkat kabupaten/kota. Tahapan pemilihan pada semua tingkatan (kabupaten/kota/provinsi/nasional) yaitu (1) administrasi dan portofolio, (2)tes tertulis, (3) presentasi karya tulis dan (4) wawancara terstruktur. Kini tahapan pemilihan Tutor Paket C Berprestasi akan memasuki babak tingkat nasional yang dipusatkan di Jakarta menjelang puncak peringatan Hari Proklamasi Republik Indonesia.

Bentuk penghargaan pun lebih tinggi Tutor Paket C Berprestasi, yaitu Rp. 25 juta untuk juara pertama sedangkan untuk PTK PAUDNI sebesar Rp. 20 juta itu pun baru dua tahun terakhir ini. Masih ditambah dengan kesempatan mengikuti studi banding ke luar negeri dan beberapa hadiah sumbangan dari sponsor atau pihak lain.

Tahun 2014 pemilihan Tutor Paket C Berprestasi Tingkat Nasional dilaksanakan mulai tanggal 13 s.d. 19 Agustus 2014 di Jakarta.

Pemilihan Tutor Berpretasi juga dilakukan oleh Direktorat Pembinaan PTK Dikdas untuk Tutor Paket B. Jadi siapa bilang jika pendidikan kesetaraan semakin terpinggirkan? Faktanya kini Tutor Paket B dan Paket C justru mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah. Belum lagi berbagai bentuk bantuan sosial bagi Tutor Paket B melalui Forum Tutor Kesetaraan kabupaten/kota; kemudian bantuan sosial penyelenggaraan Paket C mengacu pada standar nasional pendidikan.