Kick andy 1Oleh: Havissah Dyah Alaini

SELASA, 18 Juni 2013 menjadi momen spesial bagi warga belajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sembada yang terletak di Desa Ndengok, Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Betapa tidak, rutinitas setiap pekan yang dilakoni oleh tutor dan warga belajar di PKBM Sembada mendapat kunjungan dari Andy F Noya.

PKBM Sembada menyelenggarakan layanan pendidikan nonformal untuk masyarakat desa Ndengok, dipimpin oleh Siti Badriyah, S.Pd yang juga sebagai pamong belajar SKB Gunungkidul. Bersama Paguyuban Aksara Green, sebuah LSM peduli lingkungan dan pendidikan, PKBM Sembada melakukan berbagai aktivitas salah satunya pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) berbasis lingkungan.

Ekspose kegiatan dalam program Kick Andy on Location di PKBM Sembada ini terangkum dalam nuansa pembelajaran luar sekolah yang terintegrasi dengan lingkungan alam yang ada di pedesaan. Kaum perempuan desa yang menjadi warga belajar telah mengikuti program keaksaraan dasar hingga KUM sehingga kini mereka telah mampu membangun usaha mandiri serta meningkatkan peran dan pendapatan sebagai seorang perempuan.

Andy F. Noya tertarik pada model aktivitas yang dilakukan oleh Siti Badriyah dimana dia memiliki segudang aktivitas di bidang pendidikan nonformal yakni melakukan upaya pemberantasan buta aksara di berbagai daerah yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Dibantu oleh tutor keaksaraan, Siti Badriyah menerapkan pembelajaran dan kurikulum berbasis lingkungan di PKBM Sembada. Nampaknya ini menarik Tim Kick Andy untuk mengekspose kegiatan masyarakat.

Andy juga mengungkapkan apresiasinya kepada warga belajar yang telah berusia lanjut atas semangatnya mengikuti kegiatan belajar meskipun usia dan fisiknya tak muda lagi. Adanya perpaduan model belajar dengan alam ataupun lingkungan ini juga yang mengantarkan Siti Badriyah dalam meraih penghargaan Kalpataru dari Presiden RI tahun 2012. (Havissah Dyah Alaini)