Keterlaksanaan Kegiatan Penilaian

Seri Bimbingan Akreditasi PKBM/SKB Program Pendidikan Kesetaraan

Butir 8.2.1 adalah butir yang bersifat major artinya satuan pendidikan nonformal (PKBM/SKB) harus memiliki dokumen ini. Kata kunci butir ini adalah “keterlaksanaan kegiatan penilaian”, berbeda dengan 8.3.1 yaitu “dokumen hasil penilaian”. Bagaimana cara membuktikan butir ini?

Butir ini untuk melihat apakah PKBM/SKB melaksanakan penilaian hasil belajar oleh pendidik. Sedangkan butir 8.2.2 untuk menilai berapa persentase kehadiran peserta didik dalam penilaian hasil belajar yang diselenggarakan oleh pemerintah, dan butir 8.2.3 adalah untuk menilai berapa persentase kehadiran peserta didik dalam penilaian hasil belajar yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Butir 8.2.1 menyajikan pelaksanaan penilaian oleh satuan pendidikan, sedangkan butir 8.3.1 menyajikan dokumen hasil penilaian hasil belajar baik oleh pendidik, satuan pendidikan (USBN/UPK) maupun pemerintah (Ujian Nasional)

Ada empat jenis penilaian yang diminta oleh butir 8.2.1 yaitu (1) tugas individual, (2) tugas kelompok; (3) ujian tengah semester; (4) ujian semester.

Untuk membuktikan pelaksanaan tugas individual asesi diminta untuk menyajikan hasil pekerjaan tugas individu baik berupa pekerjaan rumah atau tugas lainnya yang bersifat individu. Caranya adalah dengan memotret dokumen hasil pekerjaan peserta didik yang sudah diberi nilai. Pada dokumen harus jelas ada nama peserta didik, identitas mata pelajaran, program/jenjang, serta nilai yang diperoleh. Sedangkan tugas kelompok sama dengan tugas individu, bedanya dalam identitas peserta didik berupa daftar nama anggota kelompok yang mengerjakan tugas.

Ujian tengah semester dibuktikan dengan lembar instrumen penilaian hasil belajar baik berupa tes pilihan ganda dan atau soal uraian. Kemudian sajikan hasil jawaban peserta didik yang berupa lembar jawaban pilihan ganda atau kertas jawaban uraian yang mencantumkan nama peserta didik, identitas mata pelajaran, program/jenjang, serta nilai yang diperoleh. Bukti akan lebih lengkap lagi jika disertai dengan daftar presensi kehadiran ujian. Jika satuan pendidikan tidak menyelenggarakan ujian tengah semester dapat diganti dengan ulangan harian. Untuk membuktikan pelaksanaan ujian semester sama dengan ujian tengah semester.

Jika satuan pendidikan (PKBM/SKB) sudah melaksanakan Kurikulum 2013, maka dokumen pelaksanaan ujian modul dianggap sudah membuktikan ujian tengah semester dan ujian semester sekaligus. Karena pada Kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan tidak ada lagi ujian semester, penilaian hasil belajar dilakukan dengan ujian per modul.

Pembeda dengan butir 8.3.1, pada butir 8.2.1 ini belum menyajikan rekapitulasi hasil penilaian yang biasa dikenal dengan legger. Butir ini cukup membuktikan bahwa pelaksanaan penilaian hasil belajar benar-benar dilakukan. Sedangkan hasil belajarnya direkap untuk membuktikan butir 8.3.1. [fauziep]

4 tanggapan pada “Keterlaksanaan Kegiatan Penilaian”

  1. Pak boleh minta konsultasi lewat wa tentang aturan penyelenggaraan Paket C. Tentang standar proses.

  2. Terimakasih pak materinya, pak kami pamong belanar skb lampung timur, mau.minta soal soal.uji kompetensi pamong belajar, bisa tidak pak ? Terimakasih sebelumnya

Komentar ditutup.