Kelulusan UNPK Paket C Batal Diumumkan Serentak dengan SMA

UNPK I 027Yogyakarta (24/05) Hari ini hasil ujian nasional SMA/SMK/MA diumumkan serentak di seluruh Indonesia. Kemarin, Kamis (23/05) Mendikbud M. Nuh sudah melakukan konferensi pers tentang hasil ujian nasional SMA/SMK/MA yang diumumkan hari ini di masing-masing sekolah. Namun tidak demikian halnya dengan peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) Paket C yang harus gigit jari karena tidak bisa diumumkan hari ini (24/05/2013).

Pengumuman kelulusan UNPK Paket C memang direncanakan akan dilakukan secara serentak bersamaan dengan pengumuman ujian nasional pendidikan formal. Akhirnya pengumuman tidak bisa dilaksanakan bersamaan. Namun jangan keburu menuding bahwa pemerintah memberi perlakuan yang berbeda antara UN SMA/SMK/MA dan UNPK Paket C.

Tertundanya pengumuman UNPK Paket C dikarenakan belum lengkapnya data nilai semester  yang masuk ke database. Demikian informasi yang diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya di Puspendik Balitbangdikbud. Karena secara nasional masih ada data nilai semester yang belum masuk, maka pengumuman kelulusan belum bisa dilakukan.

Artinya, tertunda pengumuman kelulusan justr karena ulah sebagian kalangan penyelenggara Paket C yang kurang tertib mengadministrasi nilai semester dan terlambat menyetorkan. Bukan karena perbedaan perlakuan antara pendidikan formal dan pendidikan nonformal.

5 tanggapan pada “Kelulusan UNPK Paket C Batal Diumumkan Serentak dengan SMA”

  1. untuk menjaga,,mutu dan kualitas dunia pendidikan,,,supaya jgn terjadi tebang pilih seperti kondisi sedemikian,,maka,,harus ada tindak lanjut yang dipandang secara cermat,,dalam hal selektifitas,,,terhadap penyelenggara paket c yang memiliki kredibilitas,,dan kelayakan,,sebagai penyelenggara,,agar jgn membuat,,seolah-olah pendidikan nonformal,,bisa dikebiri atau direkayasa sistem pendidikannya,,,kemdikbud harus segera menata penertiban legalitas PKBM,,Kalau yang belum diakreditasi jgn dipaksakan untuk menyelenggarakan ujian nasional (UNPK),,kalupun ada,,dititip sj ke pkbm yang terakreditasi…terimakasih

    1. Boleh jadi begitu… tapi sumber yg saya peroleh Jumat malam semua hasil UNPK sdh diselesaikan. Masak mung sedikit telate suwe nemen?

Komentar ditutup.