Keikutsertaan Peserta Didik dalam Ujian Nasional

Seri Bimbingan Akreditasi PKBM/SKB Program Pendidikan Kesetaraan

Butir 8.2.2. dalam instrumen akreditasi yang dinilai disebut sebagai keikutsertaan peserta dalam Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan dalam dua tahun terakhir. Artinya yang dihitung adalah jumlah peserta didik yang ikut ujian nasional baik menggunakan moda Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ataupun Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Bagaimana cara menyajikan bukti dan menghitungnya?

Kata kunci dari butir ini adalah “keikutsertaan”, jadi yang dihitung adalah kehadiran peserta didik dalam ujian nasional dibandingkan dengan Daftar Nominatif Tetap (DNT) peserta ujian nasional. Kemudian data kehadiran dan data dibandingkan akan ditemukan hasil persentase, dimana hasil persentase itu akan menentukan perolehan sekor pada butir ini. Misalnya PKBM/SKB memiliki jumlah peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional Paket berjumlah 50 orang, sedangkan pada pelaksanaan ujian hadir 40 orang maka perhitungannya adalah 40/50 x 100% = 80%. Persentase 80% ini memperoleh sekor 4.

Bukti fisik yang diperlukan untuk membuktikan butir ini adalah (1) Daftar Nominatif Tetap (DNT) Ujian Nasional, serta (2) Berita Acara Pelaksanaan Ujian dan atau presensi kehadiran pelaksanaan ujian nasional. DNT dapat diperoleh dari Dinas Pendidikan setempat, sedangkan Berita Acara Pelaksanaan Ujian dan atau presensi kehadiran pelaksanaan ujian nasional diperoleh dari satuan pendidikan penyelenggara ujian nasional. Oleh karena itu PKBM/SKB harus rajin meminta salinan kedua dokumen tersebut dari pihak terkait sehingga ketika asesor akan melakukan penilaian menjadi lebih mudah.

Butir 8.2.2 ini berbeda dengan butir 8.2.3. Butir 8.2.3 PKBM/SKB diminta menyajikan data keikutsertaan peserta didik dalam evaluasi akhir program. Dalam konteks sekarang evaluasi akhir program adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), serta ujian sekolah atau ujian pendidikan kesetaraan pada mata pelajaran yang tidak di-USBN-kan. Jadi butir 8.2.2 ini menghitung persentase kehadiran pada ujian nasional sedangkan butir 8.2.3 persentase kehadiran pada USBN/UPK.

Butir 8.2.2 yang bersifat major ini ingin memberikan penghargaan kepada PKBM/SKB yang berhasil memotivasi peserta didik untuk hadir pada ujian nasional atau ingin mengukur keseriusan peserta didik mengikuti ujian nasional. Semakin tinggi tingkat kehadiran akan semakin tinggi sekor yang diperoleh. [fauziep]

4 tanggapan pada “Keikutsertaan Peserta Didik dalam Ujian Nasional”

  1. Selama ini kita hanya minta bukti DNT, karena belum melaksanakan Ujian. Bulti melaksanakan dapat dilampirkan dalam laporan. Bukti 6.6.1. (Laporan hasil kegiatan)

    1. Iya kalau DNT belum bisa menghitung persentase karena yang dinilai adalah yang hadir pada saat ujian.

Komentar ditutup.