Kaltara BerprestasiTanjung Selor (29/05/2016) Kontingen Provinsi Kalimantara Utara berhasil mengukir prestasi pada ajang Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Tingkat Nasional tahun 2016. Tidak tanggung-tanggung Provinsi Kaltara, provinsi paling bungsu, berhasil meraih satu juara pertama, satu juara kedua dan satu juara ketiga dari 16 jenis lomba perorangan. Hasil lomba ini telah berhasil mensejajarkan prestasi Kaltara dengan provinsi di Jawa di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan anak usia dini (PAUD). Prestasi ini membawa kontingen Kaltara pada urutan ketujuh nasional.

Juara pertama diraih oleh Tri Lestari Rahmawati, SE pada jenis lomba karya nyata guru Kelompok Bermain. Guru PAUD dari Kabupaten Tanah Tidung ini berhasil meraih puncak prestasi dengan karya nyata berjudul “Permainan Air Batok Kelapa sebagai Media Pembelajaran untuk Menerapkan Pembiasaan Hidup Sehat pada Anak Usia Dini.”

Instruktur Kursus Komputer atas nama Dedy Salman, S.Pd. meraih juara kedua dengan karya nyata “Roda Pintar sebagai Media Pembelajaran Web Desain di LKP Global Education Center”.

Sedangkan Darmiah SE memenangi juara ketiga pada lomba Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dengan karya nyata “Pengembangan Rumah Produksi Berbasis Potensi Lokal di PKBM Tut Wuri Handayani”.

Anugerah prestasi bagi ketiga utusan dari Kaltara telah diserahkan langsung oleh Mendikbud, Anies Baswedan PhD,  pada penganugerahan GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tahun 2016 di Hotel Mercure, Palu Sulawesi Tengah Jumat lalu (27/05/2016).

“Prestasi ini diperoleh dengan ketekunan dalam melakukan inovasi pembelajaran dan inovasi strategi pengelolaan satuan pendidikan nonformal yang merupakan best practice di lapangan,” ungkap Drs. Teguh Sutanto, M.Si Kepala Bidang Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara. “Pembinaan dan bimbingan teknis dilakukan secara berkelanjutan agar guru dan tenaga kependidikan PAUD Dikmas mampu menerapkan empat kompetensi secara profesional sehingga mampu bersaing dengan daerah lain. Lebih utama lagi mampu  meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan nonformal.” Tambah Teguh Sutanto.

Berdasarkan perolehan kejuaraan baik perorangan maupun kelompok pada ajang Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Nasional tahun 2016, Provinsi Kalimantan Utara berhasil masuk peringkat tujuh nasional. Suatu prestasi yang sangat membanggakan, karena sebagai provinsi termuda berhasil sejajar dengan provinsi lainnya yang lebih mapan di bidang pendidikan nonformal. Hal ini menunjukkan bahwa Provinsi Kaltara yang menjadi provinsi terluar telah siap menjadi provinsi terdepan.

Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah bagi guru dan tenaga kependidikan yang memiliki karya inovasi pembelajaran atau inovasi strategi pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Tahapan penilaian karya nyata meliputi penilaian naskah, tes tertulis dan penilaian presentasi.

Juara pertama, kedua dan ketiga akan mendapatkan kesempatan magang ke luar negeri yaitu ke New Zealand dan Jepang atas biaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ketiga insan GTK PAUD dan Dikmas utusan Kaltara ini akan mendapatkan kesempatan magang ke luar negeri. Hal tersebut diharapkan akan semakin menambah kemajuan PAUD dan pendidikan nonformal di Kalimantan Utara. [fauziep]