Seri Bimbingan Akreditasi PKBM Program Pendidikan Kesetaraan

Yogyakarta (04/01/2017) Butir pada standar isi diawali dengan pertanyaan layanan program yang dimiliki PKBM. Jenis program dibagi menjadi program layanan utama dan program layanan pendukung. Butir ini termasuk kategori major.

Termasuk pada program layanan utama adalah Paket A, Paket B, Paket C, Pendidikan Keaksaraan, PAUD, dan Pelatihan/Kursus yang terstruktur. Adapun yang dimaksud dengan pelatihan/kursus yang terstruktur adalah kursus yang mengacu standar kompetensi lulusan berdasarkan Permendiknas Nomor 47 Tahun 2010, Permendikbud Nomor 31 Tahun 2012, dan Permendikbud Nomor 131 Tahun 2014. Bukan kursus yang diselenggarakan dalam satu atau dua kali pertemuan sehingga tidak memiliki acuan standar kompetensi lulusan.

Termasuk pada program layanan pendukung adalah program life skills (untuk membedakan dengan pelatihan/kursus yang terstruktur), Taman Bacaan Masyarakat, pendididikan pengarusutamaan gender dan lain-lain yang belum termasuk. Contoh program kursus yang tidak terstruktur antara kursus membuat telor asin, membuat kerupuk udang dan lain-lain.

Berdasarkan rubrik penilaian akreditasi, asesi akan memperoleh sekor 4 apabila PKBM menyelenggarakan tiga program layanan utama dan satu program layanan pendukung pada tahun berjalan. Misalnya yang diajukan akreditasi adalah Paket B, maka ia minimal memiliki dua program utama lainnya (dua diantara: Paket A, Paket B, PAUD, Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Lanjutan atau kursus).

Program layanan utama dan pendukung semua sedang dilaksanakan pada tahun berjalan ketika pengajuan dan visitasi akreditasi dilakukan. Untuk program yang tidak diajukan akreditasi harus melampirkan daftar peserta didik, daftar pendidik, kurikulum dan foto-foto kegiatan. [fauziep]