Terdapat 12 jenis lomba perorangan dan 2 jenis lomba kelompok dalam Apresiasi bagi PTK PAUDNI Berprestasi pada tahun 2012. Kegiatan lomba diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Berdasarkan petunjuk teknis penilaian ada beberapa perubahan sedikit tentang tema lomba perorangan. Berikut ini disajikan 12 jenis lomba perorangan.

  1. Pendidik PAUD (TPA/KB/TK/SPS), Pendekatan Pembelajaran Kecerdasan Jamak untuk Anak Usia Dini adalah karya tulis guru PAUD (sebutan lainnya yang sejenis) pada TPA/KB/SPS (Taman Penitipan Anak/Kelompok Bermain/ Satuan Paud Sejenis) dalam kegiatan pembelajaran melalui proses pendampingan, pengenalan, stimulasi/anak pengembangan potensi pada anak usia dini. Pembelajaran diperuntukkan bagi usia anak 2 s.d. 6 tahun dengan jumlah kelompok belajar maksimal 20 anak.
  2. Pengelola PAUD, pengelolaan PAUD Terpadu (TK/KB/TPA/SPS) adalah karya nyata yang telah dilaksanakan dalam pengelolaan program PAUD (TK/KB/TPA/SPS)secara terpadu minimal dua program (termasuk pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, kegiatan dan sarana dan prasarana) dalam satu lingkungan layanan pendidikan anak usia dini, baik satu atap maupun dalam sistem pembelajaran.
  3. Instruktur Tata Rias Rambut, dengan tema pembelajaran tata kecantikan rambut tentang Sanggul Daerah adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus tata kecantikan rambut dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran sanggul daerah.
  4. Instruktur Hantaran Pengantin, dengan tema pembelajaran pembuatan hantaranpengantin yang dimodifikasi adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus hantaran dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran pembuatan hantaran pengantin yang dimodifikasi dalam satu wadah.
  5. Instruktur Kursus Tata Busana, dengan tema pembelajaran pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus tata busana dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah setempat.
  6. Instruktur Kursus Seni Tari, dengan tema pembelajaran seni tari tradisional adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus seni tari dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran seni tari tradisional.
  7. Instruktur Kursus Keterampilan Merangkai Bunga, dengan tema Pembelajaran Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus seni merangkai bunga dan desain floral dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran seni merangkai bunga dan desain floral.
  8. Instruktur Kursus Komputer, dengan tema pembelajaran pembuatan animasipendidikan karakter bagi anak usia dini adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus komputer dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran pembuatan animasi tentang pendidikan karakter untuk anak usia dini.
  9. Pengelola Kursus dan Pelatihan, inovasi pemasaran lembaga kursus dan pelatihan terhadap program dan produk kursus adalah karya nyata inovatif yang dilaksanakan oleh pengelola kursus dalam memasarkan program pembelajaran sehingga jumlah peserta kursus dan pelatihan dapat meningkat.
  10. Pamong belajar P2PNFI/BPPNFI/BPKB/SKB, pengembangan media pembelajaran interaktif bagi PAUDNI adalah karya tulis yang disusun oleh Pamong belajar sebagai media yang dapat merangsang dalam pembelajaran anak usia dini, nonformal dan informal sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif.
  11. Penilik, dengan tema metode pelaksanaan pembimbingan terhadap PTK PAUDNI dalam Penyelenggaraan PAUDNI adalah karya tulis yang disusun oleh Penilik sebagai metode atau cara yang digunakan dalam melakukan pembimbingan terhadap PTK PAUDNI yang mencakup proses pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan.
  12. Pengelola PKBM, strategi pengelolaan jejaring kerja untuk kemandirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah karya nyata berupa pengalaman langsung dalam membangun jejaring kerja untuk mewujudkan PKBM yang mandiri dan efektif.

Adapun dua jenis lomba kelompok adalah (1) paduan suara, dan (2) senam sajojo. Lomba kelompok diikuti oleh 12 peserta lomba perorangan.

Lomba dalam apresiasi PTK PAUDNI dibagi kategori lomba karya nyata, lomba karya tulis, dan pembelajaran. Di samping itu ada lomba kelompok, yaitu senam sajojo dan paduan suara.

Lomba karya nyata adalah hasil pengalaman langsung sebagai PTK-PAUDNI baik individual maupun kelompok pada bidang pembelajaran atau pengelolaan program/kegiatan PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan/kekhasan/keunikan tertentu (bukan hasil penelitian/penelitian tindakan) yang dapat diadopsi oleh PTK-PAUDNI lainnya, tidak perlu mengutip peraturan, teori dan daftar pustaka.

Karya Tulis adalah hasil pemikiran/gagasan/ide PTK-PAUDNI baik individual maupun kelompok yang berisi tentang inovasi program/ kegiatan yang dapat dijadikan acuan, rujukan, pemecahan masalah, peningkatan mutu pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan tertentu (bukan merupakan hasil penelitian atau penelitian tindakan) dan layak untuk diterapkan pada bidang PAUDNI.

Puncak kegiatan tingkat nasional direncanakan berlangsung pada tanggal 8 sampai dengan 13 Juli 2012 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Tahun ini nominal hadiah untuk juara perorangan dan kelompok mengalami peningkatan yang signifikan. Juara pertama tingkat nasional akan memperoleh hadiah sebesar Rp. 20 juta, juara kedua sebesar Rp. 15 juta, juara ketiga sebesar Rp. 10 juta, juara harapan I sebesar Rp. 8 juta dan juara harapan II mendapatkan hadiah sebesar Rp. 7 juta.