Monjali dan Jombor 014Yogyakarta (4/8) Pengerjaan fisik jembatan layang Jombor yang memotong jalan lingkar utara Yogyakarta dengan jalan Magelang belum selesai, namun akan digunakan sebagian untuk menyambut pemudik.

Sejak seminggu ini jembatan layang Jombor yang pengerjaan fisik sudah dimulai tahun lalu, dibuka untuk lalu lintas kendaraan ringan. Kendaraan dari arah timur (Solo)menuju ke arah barat (Purworejo) dan sebaliknya bisa menggunakan jalan layang. Kendaraan berat seperti truk dan bis tetap melewati bawah, untuk itu ada portal yang membatasi jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas.

Monjali dan Jombor 017Kendaraan dari arah timur (Solo) ingin menuju Magelang tetap melalui bawah, belok kanan di bawah jembatan layang dengan mengikuti tanda lampu pengatur lalu lintas. Begitu pula kendaraan dari arah barat (Purworejo) ingin menuju kota Yogyakarta juga melalui bawah.

Pemanfaatan jembatan layang selama musim lebaran tahun ini diharapkan dapat mengurai kemacetan panjang yang biasa terjadi di simpang Jombor ini.