Liputan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun 2014

Juara Umum JabarBandung (15/08/2014) Akhirnya tuan rumah Jawa Barat berhasil meraih target juara umum Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun 2014 dengan menggondol sebanyak tujuh mata lomba dengan predikat juara pertama. Diikuti kontingen Jawa Tengah sebanyak enam mata lomba dengan predikat juara pertama. Dan Kepulauan Riau pada tempat ketiga dengan dua mata lomba dengan predikat juara pertama.

Penyerahan trofi juara umum diserahkan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mewakili pemerintah pusat, kepada Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Prof. Wahyudin Zarkasy semalam di Hotel Grand Panghegar, Bandung. Acara penutupan juga dimeriahkan dengan penampilan artis ibukota asal kota Bandung, Nazar KDI, dan dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Direktur PPTK PAUDNI, Direktur Pembinaan PAUD, Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat, serta pejabat pusat dan daerah.

Juara I bersama Wagub JabarAdapun predikat juara pertama yang diperoleh Jawa Barat adalah lomba karya tulis (LKT) Penilik, lomba karya nyata (LKN) instruktur kursus perhotelan, LKN instruktur kursus tata busana, LKN instruktur kursus tata boga, LKN instruktur kursus tata rias pengantin, LKN instruktur kursus otomotif, dan LKN instruktur kursus elektronika.

Sedangkan Jawa Tengah meraih enam predikat juara pertama, yaitu LKN Pengelola Kursus dan Pelatihan, LKN Tutor Keaksaraan Fungsional, LKN Kepala Sanggar Kegiatan Belajar, LKN Pengelola Taman Bacaan Masyarakat, LKN Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, dan lomba senam aerobik.

Kepulauan Riau merebut dua cabang yaitu juara pertama LKN pendidik PAUD, dan LKT pengelola PAUD. Nusa Tenggara Barat meraih satu cabang pada juara pertama yaitu LKT Pamong Belajar diraih oleh Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Maluku merebut satu juara lomba kelompok paduan suara.

Daerah Istimewa Yogyakarta tercatat memperoleh enam cabang untuk posisi juara kedua. Dari lima belas anggota kontingen DIY, hanya tiga orang yang tidak berhasil membawa pulang hadiah kejuaraan. Namun sayang tidak ada yang berhasil meraih posisi juara pertama.

Juara KeduaEnam juara kedua yang berhasil diraih DIY adalah LKT Pamong Belajar, LKN Kepala SKB, LKN Tutor Keaksaraan Fungsional, LKN Pengelola TBM, LKN Instruktur Tata Busana, dan LKN Instruktur Elektronika. Dua cabang meraih juara harapan pertama yaitu LKT Penilik dan LKN Instruktur Tata Rias Pengantin. Tiga cabang meraih juara harapan dua yaitu LKN Pengelola Kursus dan Pelatihan, LKN Instruktur Otomotif, serta Instruktur Tata Boga.

Direncanakan para juara pertama, kedua dan ketiga akan mengikuti rangkaian acara bersama pendidik dan tenaga kependidikan lainnya pada jalur pendidikan formal di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta pada tanggal 15-18 Agustus 2014. Sedangkan khusus juara pertama akan mengikuti acara kenegaraan dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.