Ditinjau dari Aspek Sejarah dan Yuridis

Isu Strategis Perubahan Sanggar Kegiatan BelajarYogyakarta (24/08/2015) Pada minggu-minggu ini di daerah banyak forum Sanggar Kegiatan belajar (SKB) yang tergabung di tingkat provinsi menyelenggarakan workshop atau pertemuan untuk membahas antisipasi perubahan SKB menjadi satuan pendidikan nonformal.

Berikut ini dibagikan paparan dan materi yang semoga dapat dijadikan bahan untuk kegiatan tersebut.

Paparan berusaha untuk menjelaskan aspek kesejarahan SKB sejak alih fungsi dari Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat, Kursus Penelitian Pendidikan Masyarakat dan Pusat Pembinaan Aktivitas Generasi Muda (PPAGM). Dibahas pula perubahan SKB dari masa ke masa sejak lahir tahun 1978, 1982, 1989 dan 1997. Serta isu strategis SKB ke depan. Untuk mengunduh paparan dapat klik di sini.

Untuk melengkapi paparan slide terakhir, disertakan materi yang berusaha untuk menjelaskan secara rinci implikasi tujuh fungsi SKB sebagai satuan pendidikan nonformal sebagaimana diatur dalam surat Dirjen PAUD dan Dikmas nomor 1086/C.C4.I/PR/2015 tertanggal 3 Juli 2015. Untuk mengunduh materi tersebut dapat klik di sini.

Semoga bermanfaat.