Agus salam menteriYogyakarta (01/06/2015) Tahun ini dapat dipastikan merupakan Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUDNI Berprestasi yang “terakhir”. Ya betul akan menjadi yang terakhir, karena tahun depan kegiatan serupa tidak akan lagi bertajuk Apresiasi PTK PAUDNI karena telah terjadi perubahan nomenklatur organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemungkinan besar tetap akan ada kegiatan serupa, namun boleh jadi akan berlabel Apresiasi PTK PAUD dan Dikmas, bukan lagi Apresiasi PTK PAUDNI. Dan tidak tertutup kemungkinan berubah format, tidak lagi seperti sekarang ini.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 11 Tahun 2015, pendidik dan tenaga kependidikan pada jalur pendidikan nonformal akan diurusi oleh Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Salah satu fungsi dari direktorat ini adalah memberikan penghargaan  bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan Dikmas (pasal 147 butir g). Karena itulah dapat dipastikan kegiatan sejenis Apresiasi PTK PAUDNI akan terus diselenggarakan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada PTK PAUD dan Dikmas.

Format kegiatan pemberian penghargaan akan tetap menggunakan format seperti kegiatan yang selama ini (berbentuk Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi) atau tidak, tergantung dari pemangku kepentingan pada Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Pejabat direktorat baru akan ditetapkan pada bulan Juni atau Juli tahun ini.

Jadi tahun ini merupakan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi yang terakhir, karena tahun depan boleh jadi bertajuk Apresiasi PTK PAUD dan Dikmas. Atau dengan format seperti pemilihan guru berprestasi. Jika menggunakan format seperti guru berprestasi, maka kegiatan akan terus berpusat di Jakarta menjelang peringatan Proklamasi Republik Indonesia.

Nampaknya format kegiatan apresiasi seperti selama ini perlu dipertahankan, karena PTK PAUD dan Dikmas masih perlu sosialisasi di tengah masyarakat.