Ini Jenis Lomba Instruktur Kursus pada Apresiasi PTK PAUDNI Tingkat Nasional 2014

Uji KompetensiYogyakarta (27/01/2014) Ada beberapa perubahan untuk jenis lomba instruktur kursus pada Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Tingkat Nasional tahun 2014 ini. Jumlah jenis instruktur yang dilombakan tetap enam untuk instruktur dan satu untuk pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Perubahan ada pada jenis instruktur yang boleh ikut lomba.

Pada tahun 2014 ini terdapat beberapa jenis lomba instruktur kursus yang belum pernah dilombakan pada tahun-tahun sebelumnya. Yaitu lomba instruktur kursus elektronika, instruktur kursus perhotelan bidang house keeping, dan instruktur kursus otomotif ringan (roda dua).

Berdasarkan surat Dirjen PAUDNI 25/B/PTK/2014 jenis lomba instruktur kursus secara lengkap yaitu:

  1. Instruktur Kursus Elektronika;
  2. Instruktur Kursus Perhotelan bidang House Keeping;
  3. Instruktur Kursus Otomotif Ringan (roda dua);
  4. Instruktur Kursus Tata Boga (makanan tradisional umbi-umbian);
  5. Instruktur Kursus Tata Rias Penganten;
  6. Instruktur Kursus Tata Busana; dan
  7. Pengelola LKP, yang dilombakan pengelola bidang akademik/pembelajaran bukan pimpinan/direktur LKP.

Sudah hampir dipastikan penyelenggaraan Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Tingkat Nasional diselenggarakan di Bandung pada tanggal 9-15 Agustus 2014. Sampai berita diturunkan, petunjuk teknis sedang dalam tahap finalisasi yang dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi akan disosialisasikan.

12 tanggapan pada “Ini Jenis Lomba Instruktur Kursus pada Apresiasi PTK PAUDNI Tingkat Nasional 2014”

  1. berdasarkan surat no 25/B/PTK/2014 dari Dirjen PAUDNI Jenis Lomba ada 15 jenis.
    1. Pendidikan PAUD, 2. Pengelola PAUD, 3. Instruktur otomotif Roda 2, 4. Instruktur Elektronika, 5. Instruktur tata Busana, 6. Instruktur Tata Boga, 7. Instruktur tata Rias Pengantin, 8. Instruktur Perhotelan, 9. Pengelola kursus yg membidangi pembelajaran/Akademik, 10. Pamong Belajar, 11. Penilik, 12. Pengelola PKBM, 13. Pengelola TBM, 14.Tutor KF dan 15. Kepala SKB

    1. Betul pak, yang diposting kali ini baru jenis PTK Kursus dan Pelatihan. Untuk instruktur kursus elektronika bidang yang dilombakan adalah instruktur teknisi komputer.

      1. Salam kenal pak Fauzi…
        Kalau boleh tau kira-kira tanggal berapa juknis untk semua lomba bisa kita dapat ?

        Terima kasih

        1. Juknis sdg diajukan ke Dirjen PAUDNI utk dimintakan pengesahan. Mudah2an dalam waktu tdk terlalu lama lagi sudah bisa disosialisasikan pak. Termasuk di blog ini. Tunggu saja pak.

  2. RALAT UNTUK INSTRUKTUR KURSUS ELEKTRONIKA.
    Pak Fauzi, surat Dirjen PAUDNI 25/B/PTK/2014 berbunyi: Kegiatan Apresiasi PTK Paudni Berprestasi tahun 2014 meliputi lomba perorangan dan lomba kelompok jenis lomba untuk perotangan meliputi 15 (lima belas) jenis PTK PAUDNI yaitu: 1)…. 2)… 3)… 4)Instruktur Elektronika dstnya…

    Dalam posting Bapak tertulis sbb: 1.Instruktur Kursus Elektronika (Teknisi Komputer) maka penambahan (Teknisi Komputer) ini akan membuat rancu da minimal ada 2 aspek yang dicederai 1.Aspek Yuridis berdasarkan Keputusan Kemnaker tentang SKKNI Teknisi Komputer tahun 2002 termasuk sektor Informatika (Komputer) 2.Ijin Kursus Teknisi Komputer termasuk Kursus Komputer.

    Jika yang ingin dilombakan untuk Instruktur Elektronika yang terkait dengan perangkat komputer maka materi keterampilannya adalah Servis Komputer dan pheriperalnya.
    Perlu diketahui materi Teknisi Komputer lebih luas meliputi: 1)Software, 2)Hardware, dan 3)Security & Komunikasi.
    Sedangkan Servis Komputer sesuai dengan ranah Elektronika yaitu terkait arus lemah.

    Dengan demikian potensi Instruktur Elektronika khususnya dan Kursus Elektronika dapat disemarakkan melalui Lomba Apresiasi PAUDNI Berprestasi ini dan yang datang bukan lagi Instruktur Komputer dengan keahlian Teknisi Komputer, tetapi mengaku Instruktur Elektronika.

    Demikian hendaknya dimaklumi untuk kemajuan kursus Indonesia Raya.

      1. Ass Wr Wb maaf bapak, kira2 kapan semua juknis Lomba ini akan bisa di keluarkan supaya bisa kita dapatkan juknis tersebut, agar bisa lebih jauh jadwal di laksanakan di daerah Kab, kota, provinsi dan PusAT trms wsllm wr wb

    1. makasih infonya, karena informasi yang kami peroleh untuk teknisi elektronika ya tentang teknisi komputer meliputi service komputer dan hardwarenya, kemudian instalasi dan troubleshootingnya,,semoga informasi yang disampaikan bisa tersebar ke seluruh wilayah, sehingga tidak terjadi salah persepsi dan pemahaman seperti saya kemarin,,makasih banyak,,Jaya Terus Kursus Indonesia !!

Komentar ditutup.