pelaksanaan UNSurakarta (29/11/2015) Badan Standar Nasional Pendidikan telah menyusun draf Pedoman Operasional Standar (POS) Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016, termasuk untuk ujian nasional pendidikan keseteraan (UNPK). Berdasarkan draf POS telah diketahui rencana jadwal pelaksanaan UNPK.

Pelaksanaan UNPK 2016 direncanakan bulan April 2016. Hari pelaksanaan UNPK bersamaan dengan ujian sekolah formal, namun dengan waktu yang berbeda. UN pendidikan formal pada pagi hari, sedangkan UN pendidikan nonformal (UNPK) pada siang hari. Kecuali untuk Paket C Kejuruan dilaksanakan pagi hari.

UNPK terdiri dari ujian utama dan ujian susulan, tidak ada ujian tahap kedua. Ujian susulan diperuntukan bagi peserta yang berhalangan hadir pada ujian utama dengan alasan yang sah. Berikut ini jadwal UNPK pada tahun 2016.

Jadwal UNPK Paket C

Jadwal UNPK Paket C 2016

Jadwal UNPK Paket C Kejuruan

Jadwal UNPK Paket C Kejuruan

Jadwal UNPK Paket B

Jadwal UNPK Paket B

Adapun syarat peserta ujian nasional dari pendidikan nonformal atau ujian nasional pendidikan kesetaraan adalah:

  1. Peserta terdaftar pada PKBM, SKB, Pondok Pesantren penyelenggara program Wustha, atau kelompok belajar sejenis yang memiliki izin dan memiliki laporan hasil belajar lengkap;
  2. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setiap derajat kompetensi pada masing-masing jenjang pendidikan kesetaraan satuan pendidikan nonformal; dan
  3. Peserta didik  dari kelompok belajar lainnya  dapat  mendaftar pada PKBM, SKB, dan Pondok Pesantren yang memiliki izin.