IHT Paket C Kota Yogyakarta 004Yogyakarta (18/1) Pelaksanaan in house training pembelajaran Kejar Paket C oleh SKB Kota Yogyakarta pada tanggal 15-18 Januari 2013 kebanjiran peminat. Peserta ditargetkan 30 orang, disamping tutor dari Kejar Paket C SKB Kota Yogyakarta juga diundang tutor dari PKBM. Menjelang pembukaan terdapat kelebihan delapan orang dari kuota tutor PKBM yang diundang. Itu belum termasuk permintaan PKBM yang meminta jatah lebih dari kuota yang diundang.

Padahal tidak jarang penyelenggaraan diklat kekurangan peserta, sehingga harus melakukan pemanggilan ulang kepada satuan pendidikan lainnya untuk memenuhi kuota peserta. Namun tidak untuk IHT Pembelajaran Paket C kali ini. Jika biasanya panitia penyelenggara disibukkan untuk melakukan pemanggilan untuk memenuhi kuota, kini sibuk untuk menjelaskan bahwa kuota sudah berlebih.

Sudijarto, M.Pd., penyelenggara Kejar Paket  C SKB Kota Yogyakarta, menjelaskan bahwa sejak tahun 2011 praktis tidak ada kegiatan diklat bagi para tutor. Maka, ketika SKB Kota Yogyakarta menyelenggarakan IHT kebanjiran berminat. Di sisi lain PKBM hendak mengakses akreditasi program Paket C, sehingga materi IHT Pembelajaran Paket C dipandang menarik untuk memenuhi pencapaian standar nasional pendidikan yang menjadi acuan borang akreditasi.Demikian ungkap Sudijarto.