Liputan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun 2014

Agus salam menteriJakarta (16/08/2014) Sore hari Sabtu 16 Agustus 2014 di Hall A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung ramah tamah sekaligus pengumuman penghargaan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) berprestasi dan berdedikasi. Baik PTK dari jalur pendidikan formal maupun PTK dari jalur pendidikan nonformal. Menariknya, masih ada perbedaan penghargaan antara PTK pendidikan formal dan pendidikan nonformal.

Sekretaris Ditjen Pendidikan Dasar, Thamrin Kasman menjelaskan bahwa pada awalnya tahun 1987 dilakukan pemilihan guru teladan dan sejak tahun 1999 berubah menjadi pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Berprestasi, kemudian diikuti Pemilihan PTK Berdedikasi. “Para peserta mengikuti tahapan penilaian yang meliputi beberapa aspek tes tertulis kepribadian, tes tertulis wawasan kependidikan, tes mata pelajaran, portofolio, wawancara, dan presentasi karya tulis.”, jelas Thamrin.

Dalam sambutannya, Thamrin menambahkan bahwa para PTK Berprestasi dan Berdedikasi mengikuti acara kenegaraan antara lain mendengarkan Pidato Presiden RI di depan DPR pada tanggal 15 Agustus 2014, peringatan detik-detik proklamasi, dan ramah tamah dengan Presiden RI pada tanggal 18 Agustus 2014. Dari rangkaian acara kenegaraan tersebut, PTK PAUDNI hanya mengikuti peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara.

Mulai tahun ini, para juara Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun 2014 mengikuti ramah tamah bersama dengan PTK dari jalur pendidikan formal, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK baik guru, kepala sekolah dan pengawas. Untuk PTK Berprestasi pendidikan formal sekaligus dilakukan pengumuman siapa yang menjadi terbaik. Sedangkan untuk PTK PAUDNI dilakukan penyerahan hadiah secara simbolis kepada pemenang, karena pengumuman sudah dilakukan di Bandung pada tanggal 14 Agustus 2014.

Terdapat keuntungan yang diperoleh dari bergabungnya PTK PAUDNI Berprestasi pada acara ini, jenis PTK PAUDNI bisa dikenal oleh PTK pendidikan formal lainnya.

Para Juara 070Namun sayangnya besar penghargaan PTK PAUDNI belum setara dengan PTK pendidikan formal. Juara pertama PTK PAUDNI Berprestasi (Rp. 20 juta) hanya setara dengan juara ketiga PTK pendidikan formal. Sedangkan juara pertama PTK Berprestasi pendidikan formal sebesar Rp. 30 juta dan juara kedua Rp. 25 juta. Untuk PTK PAUDNI Berprestasi juara kedua Rp. 15 juta dan juara ketiga Rp. 10 juta.

Para Juara 135Sementara itu pemilihan Tutor Paket A, B, dan C Berprestasi dilakukan oleh Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen maka mendapatkan hadiah uang pembinaan yang besarnya sama dengan PTK pendidikan formal lainnya.

Nampaknya besar penghargaan PTK PAUDNI Berprestasi pada tahun mendatang harus ditingkatkan lagi agar setara dengan PTK pendidikan formal. Demikian pula diberi kesempatan yang sama untuk mengikuti berbagai acara kenegaraan seperti PTK pendidikan formal.