Gradasi PBPada saat pembahasan hasil validasi tunjangan jabatan fungsional Pamong Belajar di Jakarta (7 Mei 2012) mengemuka kembali persoalan gradasi rincian tugas antara pamong belajar pertama, pemong belajar muda dan pamong belajar madya. Bahkan menurut informasi ada pihak yang mempertanyakan mengapa Permenpan RB tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya bisa lolos, karena tidak adanya gradasi rincian tugas menurut jenjang jabatan.

Unsur pamong belajar dalam pembahasan tersebut diwakili oleh pamong belajar yang berdomisili di DKI yang mempresentasikan setiap jenjang jabatan, yaitu Dadang Subagya (Pamong Belajar Madya, Sekretaris PP IPABI), Eva Umar (Pamong Belajar Muda, Ketua Pengda IPABI DKI), dan Suherman (Pamong Belajar Pertama).

Pertemuan memutuskan untuk membuat draf hasil kerja jabatan yang bisa menunjukkan adanya gradasi atau pembeda antar jenjang jabatan pamong belajar. Hal ini diperlukan untuk memenuhi unsur kewajaran pemberian tunjangan fungsional yang juga berbeda antar jenjang jabatan. Draf dikirim ke pengurus pusat lainnya untuk ditelaah dan dijadikan bahan pada rapat tanggal 10 Mei 2012.

Adanya ketentuan gradasi ini sebenarnya bisa dipersoalkan, mengingat pamong belajar adalah berstatus sebagai pendidik. Artinya sebagai pendidik wajib mengerjakan semua rangkaian atau urutan rincian tugas mulai dari menyusun silabus sampai menganalisis penilaian hasil belajar. Sangat tidak logis membagi rincian tugas ke dalam tiga jenjang jabatan, nanti akan ada mata rantai yang terpotong dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Pun pada Permenpan RB nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya tidak diatur adanya gradasi rincian tugas ke dalam jenjang jabatan. Jika konsisten bahwa pamong belajar adalah pendidik maka sebagaimana guru gradasi itu tidak layak diberlakukan. Persoalannya ketika ngotot untuk meniadakan gradasi maka usulan tunjangan fungsional akan mandeg. Dilematis memang.

Akhirnya, pesanan diterima dan dikerjakan dengan sebaik-baiknya sesuai permintaan sepanjang tidak memberatkan pamong belajar di lapangan. Saat ini bahan rapat untuk tanggal 10 Mei 2012 sedang dikerjakan, mudah-mudahan tidak mengecewakan pemesan dan pengguna. Semoga.