Akreditasi PKBMYogyakarta (25/04/2016) Saat ini baru 7,997% atau sejumlah 840 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang terakreditasi programnya, dari keseluruhan 10.504 PKBM. Rendahnya pencapaian akreditasi PKBM kemudian menyulut Gerakan Nasional Akreditasi PKBM.

Menurut data terakhir BAN PAUD dan PNF (2016) jumlah program pada satuan pendidikan nonformal yang sudah diakreditasi sebanyak 8.927, berarti PKBM hanya mencapai 9,41%. Sementara itu satuan PAUD menduduki peringkat pertama 64,92% dan disusul LKP 25,67% dari keseluruhan program pada satuan pendidikan yang sudah diakreditasi sampai akhir tahun 2015.

Satuan

Pendidikan

Jumlah %
  PAUD            5.795 64,92
  LKP            2.292 25,67
  PKBM                840 9,41
  Jumlah            8.927  100,00

Sumber: Diolah dari http://web.banpnf.or.id/

Adalah Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud yang memberikan dorongan agar PKBM terakreditasi dengan meluncurkan program Bimbingan Teknis Kelembagaan PKBM untuk Persiapan Akreditasi beberapa waktu lalu di beberapa lokasi. Targetnya tahun ini terdapat 1000 PKBM yang diakreditasi.

Gayung bersambut, dalam rapat pengurus pusat Forum PKBM pada awal April 2016 ini disepakati Gerakan Nasional Akreditasi PKBM. Artinya Forum PKBM sebagai mitra organisasi sangat menyadari kebutuhan anggotanya agar memiliki kualitas layanan minimal sehingga masyarakat mendapatkan manfaat. Karena jika PKBM tidak segera terakreditasi, maka ia akan tergerus oleh kompetisi antar satuan pendidikan nonformal yang sangat dinamis.

Barangkali akreditasi bagi sebagian kalangan pengelola PKBM belum merupakan sebagai kebutuhan. Kini akreditasi tidak lagi sekedar kebutuhan tapi keharusan. PKBM yang tidak terakreditasi maka ia akan ditinggalkan oleh masyarakat dan pemangku kepentingan karena dianggap tidak layak mengelola pendidikan nonformal.

Karena itu marilah kita sukseskan Gerakan Nasional Akreditasi PKBM! Dan menjadikan PKBM sebagai satuan pendidikan nonformal yang bermutu dan bermartabat. [fauziep]