Forum Tutor Provinsi Mendapat Bantuan Bimtek Penyusunan Soal USBN

Anyer (03/03/2018) Permendikbud nomor 4 Tahun 2018 pasal 11 ayat (1) huruf b menyebutkan bahwa ada peran Forum Tutor (baca Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional atau FTPKN) dalam menyiapkan soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Persoalannya adalah selama ini belum ada pengalaman yang cukup bagi tutor dalam menyiapkan soal USBN karena USBN baru pertama kali dilaksanakan pada pendidikan kesetaraan. Untuk mengatasi persoalan tersebut maka Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan memberikan dana bantuan penyelenggaraan bimbingan teknis penyusunan soal USBN.

Untuk itulah pada tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2018 bertempat Hotel Marbella, Anyer Banten, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen PAUD dan Dikmas mengumpulkan seluruh Ketua dan Bendahara DPD FTPKN se-Indonesia dan jajaran pengurus pusat FTPKN. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi terkait langkah-langkah penyusunan soal USBN, melakukan akad kerjasama penyelenggaraan bimbingan teknis penyusunan soal USBN di provinsi antara seluruh DPD FTPKN se-Indonesia dan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan.

Penyusunan soal USBN pendidikan kesetaraan seharusnya disiapkan oleh tutor dan dikonsolidasikan dengan forum tutor kabupaten/kota. Namun demikian diakui sejumlah kabupaten/kota yang mencapai 514 belum siap untuk menyusun soal USBN. Jika forum tutor kabupaten/kota belum terbentuk maka disiapkan oleh forum tutor provinsi. Karena itulah Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen PAUD dan Dikmas memfasilitasi 34 DPD FTPKN untuk menyelenggarakan bimtek penyusunan soal agar ada kesiapan soal USBN pada penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan pada tahun pelajaran 2017/2018. Kegiatan bimbingan teknis di provinsi diharapkan diselenggarakan antara rentang waktu 10 Maret sd 10 April 2018. [fauziep]