HS FGD Bernas 022Yogyakarta (25/03) Jumat (22/03) secara paralel BPKB DIY menyelenggarakan dua kegiatan Focus Group Discussion (FGD). FGD pertama mengidentifikasi dan mendiskusikan bahan untuk menyusun kurikulum kursus manajemen remaja (Susmanja) dan FGD kedua mengindentifikasi dan mendiskusikan bahan untuk menyusun panduan pembelajaran motorik pada satuan PAUD.

FGD pengembangan model Susmanja dipandu oleh tim pengembang yaitu M.Th. Yetti Pudiyantari, Agus Hari Prabowo, dan Bais Jajuli Sidiq. FGD ini diikuti oleh 25 orang yang terdiri dari unsur Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora DIY, Bidang PNFI Dinas Dikpora DIY, Tim Penggerak PKK DIY, BKKBN, Lembaga Swadaya Masyarakat, pamong belajar BPKB DIY, dan pamong belajar SKB se-DIY serta utusan organisasi pemuda.

FGD pengembangan model bahan panduan pembelajaran motorik satuan PAUD dipandu oleh tim pengembang yaitu Bakti Riyanta, Fauzi Eko Pranyono, dan Indrayati. FGD ini diikuti oleh unsur satuan PAUD (kelompok bermain, taman penitipan anak, satuan PAUD sejenis), HIMPAUDI provinsi, HIMPAUDI kabupaten/kota dan pamong belajar BPKB serta SKB se-DIY.  FGD pembelajaran motorik ini juga dihadiri oleh narasumber ahli yaitu Hari Yulianto, M.Kes dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Melalui pelaksanaan FGD ini kedua tim pengembang akan mendapatkan masukan dan penajaman yang berguna sebagai masukan dalam penyusunan draf model. Dengan demikian draf model yang disusun membumi sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan nonformal dan masyarakat. (fep).