Pengalaman sebagai penulis pedoman, panduan, draf model dan sebagainya seringkali saya diminta untuk menunjukkan dokumen sebelum perubahan dan setelah perubahan. Pada awalnya saya menggunakan cara manual dengan memberi tanda strikethrough(strikethrough) untuk menandai kata atau kalimat yang dihilangkan atau dengan memberi warna untuk kata atau kalimat baru/tambahan. Microsoft Word telah menyediakan fitur untuk keperluan itu, tanpa harus melakukan secara manual yang melelahkan. Fitur itu disebut pelacak perubahan (Track Changes).

Fitur Track Changes terdiri atas tiga bagian, yaitu fitur Comments, Tracking, dan Changes.Untuk melihat fitur ini klik Review pada navigator Micorosoft Word. Pada MicorosoftWord 2007 ketiga fitur tersebut tampak sebagaimana pada gambar berikut:

trackchanges

Sebelum melakukan penyuntingan naskah, fitur Track Changes harus terlebih dahulu diaktifkan dengan mengklik tanda segitiga terbalik di sebelah tulisan Track Changes pada kelompok menu Tracking, dan kemudian klik pilihan Track Changes pada menu dropdown yang muncul.

aktifkan tracj changes

Setelah fitur track changes diaktifkan sebaiknya file disimpan dengan nama lain sehingga file asli tidak terganggu. Untuk mengatur bagaimana pelacak perubahanakan ditampilkan, klik pilihan Change Tracking Options pada menu dropdown yang tampil setelah mengklik tanda segitiga terbalik di sebelah tulisan Track Changes:

trackchanges_options

Silahkan atur warna yang digunakan untuk menandai pelacakan perubahan dengan memilih yang sesuai dengan keinginan.

Untuk melihat perubahan pada naskah, pilih Final Showing Markup. Maka pada naskah akan terlihat seperti ini. Ada tanda bagian naskah yang sudah diedit, akan terlihat kata/kalimat yang dihilangkan atau yang ditambahkan dengan sesuai dengan tanda yang diplilh pada menu Change Tracking Options. Pada contoh ini, kata yang dihilangkan diberi tanda strikethrough (strikethrough), sedangkan kata atau kalimat baru diberi tanda garis bawah. Dan semuanya itu dilakukan secara otomatis oleh komputer.

final showing

Untuk melihat naskah tanpa tanda pelacakan perubahan klik Final. Maka akan terlihat seperti ini.

track changes final

Anda dapat terus melanjutkan penyuntingan tanpa terganggung dengan pemandangan pelacakan perubahan. Ketika akan melihat pelacakan perubahan tinggal klik kembali Final Showing Markup.

final showing 2

Dengan menggunakan fitur ini maka penulis dapat menunjukan bagian mana saja yang sudah mengalami perubahan tanpa harus repot melakukan secara manual. Selamat mencoba!