Oleh: Dian Kurnia Muldani, Mochamad Fatchan Chasani, Yudan Hermawan

Lembaga pendidikan nonformal dengan segudang kegiatan tidak bisa menutup mata dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna publikasi program suatu lembaga. Tak sedikit lembaga pendidikan nonformal seperti kursus dan pelatihan yang belum mampu merancang dan mengolah publikasi lembaganya, demikian kata Sunarto pimpinan PKBM Makarti.

Teknologi dapat dikatakan sebagai suatu perangkat yang dapat dipergunakan manusia dalam kehidupan guna membantu meringankan pekerjaan. Perkembangan teknologi kian meluas dengan pesat, namun pemanfaatannya dirasa masih minim. Pemanfaatan yang terjadi sekadar dipermukaan saja, tanpa dapat mengolah lebih dalam perangkat teknologi guna peningkatan produktifitas kerja.

SunartoLembaga-lembaga pendidikan nonformal masih cenderung menggunakan media konvensional sebagai media publikasi lembaga. Ditambahkan bahwa media tersebut dirasa kurang pas pada era global yang menuntut adanya kecepatan akses digital. Media yang digunakan oleh mereka seperti buletin dan majalah. Itupun belum mampu dijaga konsistensi penerbitannya.

“Publikasi program dari mulut ke mulut,” kata Sunarto pemilik PKBM Makarti. Keterbatasan pengetahuan mengenai teknologi menjadi kendala dalam mempublikasikan atau menyosialisasikan program-program lembaga. Ketidakmampuan pengelolaan publikasi berdampak pada eksistensi dan keberlangsungan program atau kegiatan pada lembaga tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sunarto


Tak ayal publikasi online memiliki peran sentral dalam pencitraan dan publikasi program-program lembaga. “Website atau media online bisa jadi implementasi TIK,” tutur Fauzi Eko Pranyono selaku Ketua Pusat HPTIK PNF.

 

Publikasi lembaga dengan memanfaatkan TIK salah satunya    dapat    dilakukan    melalui    website.    Website


merupakan situs yang terdapat di internet yang dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi. Melalui website maka sosialisasi dan publikasi program-program lembaga akan lebih cepat tersampaikan pada khal layak ramai.