logo hptik 200 X 206Yogyakarta (31/05) Ensiklopedi digital pendidikan nonformal akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini. Direncanakan tanggal 6 Juni 2013 sudah dapat diakses masyarakat luas melalui http://pnfpedia.hptikpnf.org

“Saat ini sedang dalam finalisasi akhir dan penyempurnaan oleh tim pengembang aplikasi HPTIK-PNF”, demikian ungkap Fauzi Eko Pranyono Ketua Umum DPP HPTIK-PNF. PNFpedia, begitu laman itu disebut, bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan informasi seputar dunia pendidikan nonformal. Idenya mencontoh wikipedia yang sukses membantu memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengetahuan yang hendak diketahui lebih lanjut.

Berbagai aturan, regulasi, pengetahuan, peristilahan pendidikan nonformal masih banyak tersimpan di arsip dan tidak diposting di dunia maya secara terstruktur. Oleh karena HPTIK PNF, yang merupakan wadah atau himpunan penggiat teknologi informasi dan komunikasi pendidikan nonformal mengembangkan aplikasi ensikopedi digital pendidikan nonformal  dengan kategori pendidikan anak usia dini, pendidikan masyarakat, pendidikan kesetaraan, kursus dan pelatihan, pamong belajar serta penilik. Nantinya masyarakat bisa mencari istilah, definisi berdasarkan kategori ataupun menurut abjad dengan kata kunci yang hendak dicari.

Untuk memperkaya materi ensiklopedia tersebut admin PNF-pedia masih menerima dan akan menerima terus naskah tentang peristilahan, pengertian, definisi, tokoh, peristiwa bersejarah seputar pendidikan anak usia dini, pendidikan masyarakat, pendidikan kesetaraan, kursus dan pelatihan, pamong belajar serta penilik. Tulisan menyebutkan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Naskah dikirim ke hptikpnf@ymail.com

Semangat berbagi pengetahuan melandasi pengembangan ensiklopedi digital ini. Karena itulah tanpa partisipasi insan pendidikan nonformal, laman PNF-pedia ini tidak akan berkembang.