Jambore PTK PNF 2009

Lomba Instruktur Kursus Bahasa Inggris, Jambore PTK PNF 2009

Yogyakarta (06/08) Jambore Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal (Jambore PTK PNF) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 di Jakarta. Sejak tahun 2011, yaitu penyelenggaraan di Mataram Nusa Tenggara Barat tajuk kegiatan berubah menjadi Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI (Apresiasi PTK PAUDNI).

Jambore PTK PNF atau Apresiasi PTK PAUDNI merupakan ajang unjuk prestasi dan kompetensi para pendidik dan tenaga kependidikan jalur pendidikan nonformal. Jika di jalur pendidikan formal ada pemilihan guru berprestasi, kepala sekolah berprestasi, pengawas berprestasi, dan dosen berprestasi maka di jalur pendidikan nonformal ada apresiasi bagi pendidik dan tenaga kependidikannya.

Karena jenis pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI sangat banyak, bahkan mencapai puluhan, maka kategori apresiasi dibatasi sejumlah 15 jenis PTK. Hal ini disebabkan keterbatasan anggaran untuk menyelenggarakan semua jenis. Jenis yang paling banyak adalah untuk pendidik kursus dan pelatihan.

Embrio Jambore PTK PNF adalah lomba karya nyata. Pada awalnya penyelenggaraan lomba karya nyata diatur dengan cara melakukan seleksi naskah karya nyata yang masuk dari seluruh Indonesia. Masing-masing jenis terdapat sepuluh nominasi karya terbaik dan dipanggil ke Jakarta untuk melakukan presentasi. Jadi belum tentu setiap provinsi terwakili, karena pemanggilan berdasarkan nilai naskah yang masuk.

Barulah sejak tahun 2007 ketika menjadi Jambore PTK PNF setiap provinsi mengirimkan setiap jenis PTK PNF yang dilombakan. Format lomba terdiri dari lomba perorangan yang meliputi lomba karya nyata dan lomba karya tulis, serta lomba kelompok yang terdiri dari paduan suara dan senam.

Adalah Erman Syamsudin, Direktur PTK PNF waktu itu yang menggagas nama kegiatan Jambore PTK PNF. Sejak penyelenggaraan Jambore PTK PNF tahun 2007 tercatat bahwa puncak acara pemberian penghargaan disiarkan secara delay oleh stasiun televisi swasta nasional. Host puncak acara pun mengambil dari artis ibukota, begitu pula pengisi acara hiburan juga melibatkan penyanyi dan pelawak ternama. Namun sejak tahun 2011 ketika bertajuk Apresiasi PTK PAUDNI puncak acara penganugerahan tidak lagi disiarkan oleh stasiun televisi swasta nasoional.

Pada tahun 2006, penganugerahan karya nyata sempat disiarkan secara langsung secara nasional oleh TVRI. Sayang kini, puncak acara penganugerahan insan berprestasi PTK PAUDNI tidak lagi ditayangkan di televisi. Padahal ini menjadi bagian penting dari sosialiasi keberadaan PTK PAUDNI di tengah masyarakat.

Sejak dikemas menjadi Jambore PTK PNF dan kemudian menjadi Apresiasi PTK PAUDNI dikenal adanya kontingen provinsi. Sejak itulah kemudian muncul istilah juara umum bagi provinsi yang meraih prestasi tertinggi dengan menghitung jumlah prestasi juara pertama, juara kedua, juara ketiga, juara harapan pertama dan juara harapan kedua.

Berikut ini tempat penyelenggaraan dan juara umum Jambore PTK PNF/Apresiasi PTK PAUDNI sejak tahun 2007.

  1. Tahun 2007 di Jakarta, juara umum Jawa Tengah
  2. Tahun 2008 di Semarang, juara umum bersama Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah
  3. Tahun 2009 di Yogyakarta, juara umum Daerah Istimewa Yogyakarta
  4. Tahun 2010 di Surabaya, juara umum Jawa Tengah
  5. Tahun 2011 di Mataram Lombok, juara umum Jawa Tengah
  6. Tahun 2012 di Jakarta, juara umum Jawa Tengah
  7. Tahun 2013 di Batam Kepulauan Riau, juara umum Jawa Tengah [fep].