DPW FK PKBM Riau Menyelenggarakan Bimtek Penyusunan Dokumen KTSP K13 Pendidikan Kesetaraan

Pendaftaran klik di sini.

Yogyakarta (28/09/2020) Penyusunan dokumen KTSP pada kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan merupakan kebutuhan dan keharusan. Masih banyak satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan yang belum memiliki dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP merupakan kurikulum operasional yang harus disusun sebelum melaksanakan proses pembelajaran, termasuk pada kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan.

Berdasarkan Permendikbud nomor 61 Tahun 2016 setiap satuan pendidikan dasar dan menengah wajib memiliki Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun satuan pendidikan dan disahkan oleh Dinas Pendidikan. PKBM/SKB sebagai penyelenggara pendidikan kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah wajib memenuhi ketentuan tersebut, karena jika satuan pendidikan memiliki dokumen KTSP maka satuan pendidikan telah memiliki kurikulum operasional sebagai landasan melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Sebaliknya, jika satuan pendidikan nonformal belum memiliki KTSP sebagai kurikulum operasional dan telah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran maka sebenarnya telah melakukan aktivitas pembelajaran tanpa perencanaan yang baik. KSTP merupakan awal dari bentuk perencanaan pembelajaran lainnya yaitu silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Bahkan kedua dokumen perencanaan tersebut merupakan satu kesatuan sebagai bagian tak terpisahkan dari dokumen KTSP.

Oleh karena itulah perlu diselenggarakan bimbingan teknis penyusunan dokumen KTSP kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan bagi pengelola dan pendidik pada satuan pendidikan nonformal PKBM/SKB. Bimtek angkatan keempat akan diselenggarakan pada tanggal 3 sampai dengan 11 Oktober 2020 dengan durasi 35 jam pelajaran, tidak tiap hari masuk karena ada jeda tugas mandiri untuk pendampingan penyusunan dokumen KTSP. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan DPW Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Riau (DPW FK PKBM Riau).

Untuk mendaftar silahkan klik tautan ini.

Adapun tujuan bimtek ini adalah agar peserta (1) memahami struktur kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan serta mampu melakukan pemetaan satuan kredit kompetensi; (2) mampu melakukan analisis konteks serta penyusunan muatan kelompok khusus pendidikan kesetaraan; (3) mampu menyusun dokumen I KTSP dan lampirannya; (3) mampu merencanakan pembelajaran berbasis modul pendidikan kesetaraan; dan (4) memahami penilaian pembelajaran kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan. [fauziep]

4 tanggapan pada “DPW FK PKBM Riau Menyelenggarakan Bimtek Penyusunan Dokumen KTSP K13 Pendidikan Kesetaraan”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.