Ortek TBM 092Yogyakarta (12/09) Tahun 2012 ini BPKB DIY kembali menyelenggarakan diklat atau orientasi teknis (ortek) bagi pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kegiatan ortek dilaksanakan berdasarkan pemikiran bahwa bukan hal yang mudah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia dan Yogyakarta khususnya. Sementara itu salah satu tujuan penyelenggaraan TBM adalah untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca masyarakat.

Namun demikian, banyak diantara TBM yang ada di Yogyakarta saat ini pengelolaannya masih belum memadai. Mulai dari koleksi buku yang kurang variatif, penataan dan manajemennya tidak rapi, sarana pendukung tidak memadai, kurangnya sosialisasi dan sebagainya. Hal inilah yang terkadang membuat masyarakat tidak tertarik untuk berkunjung ke TBM.

“TBM perlu berupaya agar masyarakat tertarik untuk berkunjung, salah satunya bisa dengan mengadakan kegiatan untuk menarik perhatian, sosialisasi, tambahan koleksi buku, atau bisa juga promosi dengan cara yang menarik” tutur Drs. Bashiran, Kepala BPKB DIY, saat pembukaan Ortek, Selasa (11/9) lalu.

Dengan banyaknya TBM di Yogyakarta yang penataannya belum rapi, BPKB DIY merasa sangat perlu untuk menyelenggarakan Orientasi Teknis (Ortek) untuk menambah wawasan kepada pengelolanya. Dengan adanya Ortek, BPKB DIY sangat berharap TBM-TBM di DIY bisa lebih maju dan berkembang sehingga minat baca masyarakat meningkat dan tertarik untuk berkunjung ke TBM. Materi yang disampaikan dalam Ortek ini juga pastinya telah disesuaikan dengan kebutuhan dalam upaya peningkatan TBM seperti bagaimana cara memberikan pelayanan prima, manajemen pengelolaan TBM, promosi TBM, manajemen pengelolaan keuangan, dan sebagainya.

Adapun diklat/ortek diikuti oleh 50 orang pengelola TBM yang terbagi dalam dua kelas, yaitu TBM rintisan dan TBM Mandiri. Penyelenggaraan diklat melibatkan Forum TBM Provinsi DIY, bahkan beberapa pengurus dan aktivis forum menjadi narasumber. Disamping itu narasumber melibatkan akademisi dari UNY dan tentu saja pamong belajar BPKB DIY. [kareni/fauziep online]