Ortek TK 08 2012Yogyakarta (22/02) BPKB DIY pernah memiliki buletin di era tahun 2005-2007, namun buletin tersebut akhirnya almarhum karena tidak punya akses anggaran di APBD. Di samping karena kurangnya pasokan artikel yang menarik dari kalangan pemangku kepentingan pendidikan nonformal di DIY. Padahal pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI sangat memerlukan media untuk saling tukar menukar informasi. Karena itulah ketika tahun 2013 BPKB DIY mendapatkan alokasi APBD untuk menerbitkan buletin akan didahului dengan diklat jurnalistik, agar keberlangsungan buletin terjaga.

Diklat jurnalistik direncanakan pada tanggal 18-21 Maret 2013, BPKB DIY yang diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI. Diklat diselenggarakan untuk dua angkatan/kelas. Kelas pertama diperuntukkan bagi pamong belajar dan penilik, dan kelas kedua bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang diwakili melalui asosiasi mitra PAUDNI/PNFI.

Asosiasi mitra PAUDNI/PNFI tingkat provinsi yang diharapkan mengirimkan utusan adalah TBM 3 orang, HISPPI 3 orang, HIPKI 3 orang, PKBM 2 orang, HPTIK PNF 3 orang, Forum Tutor Keaksaraan dan Kesetaraan 4 orang dan HIMPAUDI 4 orang.

Asosiasi mitra PAUDNI/PNFI diharapkan mengirimkan utusan yang memiliki motivasi kuat untuk menulis karena diharapkan dapat menjadi kontributor bagi buletin yang akan diterbitkan oleh BPKB DIY. Sertifikat akan diberikan pasca pelatihan setelah mengirimkan naskah/tullisan kepada redaksi. Tulisan yang memenuhi kriteria sudah barang tentu akan dimuat. Surat resmi permohonan peserta dikirim kepada masing-masing asosiasi tingkat provinsi.

Mari kita jadikan menulis sebagai budaya dan budayakan menulis dengan semangat berbagi pengalaman serta pengetahuan kepada sesama.