elemen perubahanCisarua (6/12) Kurikulum 2013, kurikulum paling menghebohkan. Mengapa? Karena ditangani oleh tim yang dibentuk Wapres tidak hanya tingkat kementerian atau Menteri, walaupun tim di tingkat kementerian tetap ada dan bekerja melakukan kajian dan pengembangan kurikulum 2013. Dalam sejarah pengembangan kurikulum sejak Indonesia merdeka belum pernah Wakil Presiden turun langsung membenahi kurikulum pendidikan.

Seperti galibnya, kurikulum baru selalu menuai pro kontra bahkan sampai kontroversi. Agar mendapatkan masukan yang lebih konkrit dari masyarakat luas, maka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan uji publik kurikulum 2013. Uji publik dilakukan melalui sosialisasi secara langsung menemui berbagai pemangku kepentingan di daerah, juga dilakukan secara online yang dapat di akses pada laman resmi dialog virtual kurikulum http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id

Melalui laman tersebut dapat diunduh konsep pengembangan kurikulum 2013, berdasarkan konsep tersebut dapat diberikan masukan secara online dengan cara melakukan registrasi dan log in terlebih dahulu. Perlu diingat, masukan hanya dapat dilakukan satu kali saja. Oleh karena itu agar dipersiapkan masukan sebelumnya sebaik-baiknya. Kementerian menerima masukan sampai dengan tanggal 24 Desember 2013. Melalui lama tersebut kita dapat melakukan dialog virtual tentang kurikulum 2013.

Jika kita merasa tidak puas dengan kurikulum pendidikan sekolah di Indonesia, saatnya sekarang ini memberikan masukan kepada pemerintah.