Contoh POS Ujian Pendidikan Kesetaraan Tahun 2019/2020

Yogyakarta (21/03/2020) Berdasarkan Permendikbud nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, maka mulai tahun ini ditiadakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kewenangan pelaksanaan ujian akhir diserahkan sepenuhnya oleh satuan pendidikan, termasuk satuan pendidikan nonformal.

Satuan pendidikan nonformal penyelenggara pendidikan kesetaraan terdiri dari Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau satuan pendidikan lainnya wajib melakukan persiapan penyelenggaraan ujian pendidikan kesetaraan. Ujian pendidikan kesetaraan sebagai bentuk ujian akhir pada satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kesetaraan dalam pelaksanaan perlu tata kelola agar pelaksanaannya terukur dan teratur. Oleh karena itu maka satuan pendidikan nonformal wajib menyusun sendiri Pedoman Operasional Standar Ujian Pendidikan Kesetaraan (POS UPK). POS UPK merupakan acuan dalam merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan ujian pendidikan kesetaraan di masing-masing satuan pendidikan nonformal.

POS UPK ditetapkan dalam keputusan Ketua PKBM/Kepala SKB sehingga memiliki kekuatan hukum (legal standing) sebagai pelaksanaan ujian pendidikan keseteraan di satuan pendidikannya. Berikut ini dapat diunduh contoh draf POS UPK yang dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan setiap satuan pendidikan nonformal. Draf POS UPK masih perlu ditambah kata pengantar dan dilampiri dengan susunan tim penyusun soal, panitia dan pengawas UPK. Untuk mengunduh dapat klik tautan ini. [fauziep] .

6 tanggapan pada “Contoh POS Ujian Pendidikan Kesetaraan Tahun 2019/2020”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.