Cara Jitu Menghadapi UN Pendidikan Kesetaraan Gelombang II

Yogyakarta (03/09/2017) Ujian Nasional Paket B dan Paket C pada diselenggarakan pada bulan Oktober 2017, dan dipastikan dilaksanakan dengan moda Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sampai saat ini masih dilakukan pemutakhiran data calon peserta ujian nasional. Diduga peserta ujian nasional relatif masih tinggi, karena masih banyak yang belum bisa ikut serta pada gelombang pertama. Untuk meningkatkan prestasi nilai ujian nasional kiranya perlu diikuti saran berikut ini. Hal yang banyak dilupakan oleh tutor dan pengelola pendidikan kesetaraan, yaitu fokus pada kisi-kisi ujian nasional.

Prinsipnya ruang lingkup materi ujian nasional pendidikan kesetaraan adalah irisan antara kurikulum lama dan kurikulum 2013 yang disempurnakan. Karena irisan sebenarnya tidak perlu risau, karena ruang lingkup materi yang diujikan pasti ada di kedua kurikulum tersebut. Artinya, walaupun pendidikan kesetaraan belum melaksanakan kurikulum 2013 ruang lingkup yang diujikan juga ada pada kurikulum lama berdasarkan Permendiknas Nomor 14 Tahun 2007.

Setiap tahun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menerbitkan kisi-kisi sebelum pelaksanaan ujian nasional. Kisi-kisi tersebut sebagai dasar penyusunan soal ujian nasional. Di dalam kisi-kisi ujian nasional Paket B dan Paket C, pada setiap mata pelajaran yang diujikan memuat level kognitif dan lingkup materi. Langkah strategis dalam menyiapkan peserta didik calon peserta ujian nasional adalah melakukan pendalaman materi berdasarkan lingkup materi yang disiapkan BSNP.

Pendalaman materi bisa dilakukan melalui pembelajaran tatap muka atau pembelajaran tutorial dengan melakukan latihan soal. Soal dibuat sendiri oleh tutor dengan mengacu pada kisi-kisi ujian nasional. Melalui pendalaman materi ini diharapkan nilai ujian nasional bisa lebih baik.

Untuk mengunduh kisi-kisi ujian nasional Paket B dan Paket C silahkan klik pranala ini. [fauziep]