Bravo FTBMYogyakarta (19/12) Masyarakat atau komunitas pendidikan nonformal dan informal masih rendah dalam memanfaatkan media jejaring sosial facebook. Dari 11 grup di facebook yang saya ikutiForum Taman Bacaan Masyarakat, yang hanya memiliki jumlah anggota 1.517 orang, menduduki peringkat pertama. Bandingkan dengan Forum Guru Republik Indonesia: yang memiliki anggota 30.325 orang dan Komunikasi Guru Kreatif 3.341 orang.

Ada juga sih grup yang berbau pendidikan nonformal memiliki anggota yang lebih banyak yaitu Kwartir Nasional (14.570 orang). Namun karena pendidikan kepramukaan dianggap melekat pada satuan pendidikan nonformal, maka tidak dimasukkan dalam kategori grup pendidikan nonformal.

Berikut ini urutan penghuni grup dari peringkat pertama dan sebelas:

  1. Forum Taman Bacaan Masyarakat: 1.517 orang
  2. Asesor PNF: 1.233 orang
  3. Forum Sekolahrumah Indonesia Raya: 901 orang
  4. Pendidikan Nonformal dan Informal: 806 anggota
  5. Koalisi Penilik Indonesia dan Pamong Belajar Indonesia: 787 orang.
  6. Dunia Kursus Forum: 787 orang
  7. Ikatan Pamong Belajar Indonesia: 601 orang.
  8. Komunitas PKBM se-Indonsia: 435 orang.
  9. Forum Pengelola Teknologi Informasi: 351 orang
  10. Pendidikan Kesetaraan: 159 orang
  11. Komunitas IPI: 151 orang

 

Menariknya, Forum Taman Bacaan Masyarakat tidak hanya menyandang sebagai peringkat pertama dalam hal jumlah anggota, namun secara kualitas konten postingan juga paling berbobot. Di bawah komando Presiden TBM Indonesia, Gol A Gong, anggota komunitas senantiasa mensiarkan dan bertukar pengalaman dalam melakukan gerakan literasi. Banyak idiom-idiom yang segar dan enak didengar ketika menceritakan pengalaman melakukan kegiatan literasi. Semangat berbagi informasi sangat kental di grup ini.

Grup Forum Taman Bacaan Masyarakat benar-benar dimanfaatkan sebagai media ‘dakwah’ literasi. Sebagian grup lain postingan didominasi keluhan, protes, umpatan, merasa dimarjinalkan namun jarang memberikan solusi. Namun tidak semua grup kategori pendidikan nonformal seperti itu. Adalah grup Dunia Kursus Forum yang juga memiliki sumbangan atau postingan konten yang lumayan bagus dari para penghuni grup. Nyaris tidak ada celotehan bernada sinis di sini, jarang ada keluhan. Yang ada adalah semangat berbagi. Berbagi dan berbagi. Di samping itu ada juga Forum Sekolahrumah Indonesia Raya, grup yang memiliki postingan konten segar dan mencerahkan.

Selamat buat Forum Taman Bacaan Masyarakat, lanjutkan penyelundupan sembako bukunya! Indahnya berbagi.