Ortek TK 08 2012Yogyakarta (29/08) Setelah PAUD jalur pendidikan formal (TK/RA) dan PAUD pendidikan nonformal (KB/TPA/SPS) bergabung dalam satu atap di Ditjen PAUDNI, mulai tahun 2012 ini BPKB DIY kegiatan orientasi teknis juga menjangkau sasaran pendidik dan tenaga kependidikan Taman Kanak-kanak (TK). Orientasi teknis yang diselenggaraan pada tanggal 27-30 Agustus diikuti oleh pengelola dan pendidik TK se-DIY, dengan jumlah peserta masing-masing 25 orang untuk pengelola dan 25 orang untuk pendidik.

Sampai tahun 2012 ini di DIY Taman Kanak-Kanak sudah mencapai 2076 lembaga, tetapi masih ada pendidik dan tenaga kependidikan yang tidak didukung kualifikasi dan kompetensi yang memadai. Sehingga memunculkan penyelenggaraan  TK yang belum memenuhi standar acuan minimal sesuai Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD.

Kenyataan di lapangan belum semua pengelola TK belum sesuai fungsinya. Mereka cenderung gigih pada saat awal pendirian lembaga tetapi selanjutnya akan kurang aktif. Guru yang lebih aktif. Selain itu belum di setiap kecamatan ada TK percontohan, sehingga motivasi dan pengetahuan pengelola kurang. Sebagian besar pengelola TK/RA belum berkompetensi dan belum memahami tugas pengelola sebagai manajer. Infornasi dari PGTKI menyebutkan terjadi kesenjangan.

Adapun tujuan penyelenggaraan ortek pendidik TK adalah untuk meningkatkan kompetensi guru TK dalam rangka menyiapkan guru TK yang profesional dalam rangka mengurangi kesenjangan itu. Narasumber pelatihan di samping Pamong Belajar juga melibatkan guru TK senior dan pengawas TK. Kegiatan ortek juga diselingi dengan aktivitasoutbond di kawasan Kaliurang selama satu hari.

Di sisi lain, pengelola atau Kepala TK mestinya memiliki kemampuan manajemen yang baik untuk mengelola dan mengembangkan lembaga secara profesional. Agar para penyelenggara/pengelola dapat memberikan layanan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan masyarakat utamanya kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak, maka perlu diberikan orientasi teknis bagi para pengelola Taman Kanak-Kanak Tingkat Dasar.

Ortek Pengelola TK/RA tingkat dasar dilaksanakan berbasis goal oriented training (ortek yang berbasis pada tujuan) yaitu penyelenggaraan ortek pengelola TK/RA yang mendasarkan pada standar pelayanan minimal penyelenggaraan TK/RA. Fasilitator berperan sebagai mediator dalam proses transformasi pengetahuan dan pengalaman, ketrampilan mengelola lembaga dan sikap yang diperlukan untuk mengelola masalah dan potensi penyelenggaraan TK/RA. Dan pada akhir kegiatan dilakukan penyusunan rencana aksi yang akan dipantau pelaksanaannya dalam dua bulan mendatang.