Belajar Mandiri dan Dokumen Kontrak Belajar Peserta Didik

Yogyakarta (25/08/2019) Pembelajaran pendidikan kesetaraan mengenal bentuk tatap muka, tutorial dan belajar mandiri. Berbeda dengan pembelajaran di sekolah yang mengenal pembelajaran tatap muka dan tugas mandiri terstruktur atau tidak terstruktur. Di sekolah istilahnya bukan belajar mandiri tapi tugas mandiri. Belajar mandiri memerlukan dokumen kontrak belajar dan dokumen kontrak belajar ditanyakan ketika proses akreditasi PKBM.

Sesuai dengan ketentuan dalam standar proses, belajar mandiri pendidikan kesetaraan memerlukan kontrak belajar. Ketentuan tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2008 tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Paket B dan Paket C. Berdasarkan ketentuan standar proses tersebut belajar mandiri tidak memerlukan tatap muka di kelas namun bisa dilakukan dimana saja. Untuk itulah peraturan menteri tersebut mensyaratkan adanya kontrak belajar sebelum peserta didik melakukan belajar mandiri. Kontrak belajar antara peserta didik dengan tutor pengampu mata pelajaran.

Setelah menyepakati kontrak belajar peserta didik (1) melaksanakan kegiatan belajar mandiri sesuai dengan kontrak belajar yang mencakup kompetensi dasar, jenis tugas, dan waktu penyelesaian, (2) mengerjakan tugas-tugas yang terdapat pada modul, (3) secara periodik melaporkan kemajuan belajar untuk mendapatkan umpan balik dari tutor, (4) menyerahkan tagihan penugasan sebagai bahan penilaian pencapaian kompetensi dasar oleh tutor. Pada akhir pembelajaran mandiri tutor melaksanakan penilaian ujian modul.

Jadi dalam pembelajaran mandiri peserta didik bukan berarti tidak sama sekali tidak hadir di satuan pendidikan. Ia tetap hadir untuk:

  1. Melakukan kontrak belajar;
  2. Mengikuti ujian modul dan menyerahkan tagihan; dan
  3. Mengikuti tatap muka jika diperlukan pendalaman materi oleh peserta didik atau tutor.

Minimal dalam satu modul peserta didik hadir di satuan pendidikan dua kali melakukan kontrak belajar dan ujian modul sekaligus menyerahkan tagihan. Kehadiran di satuan pendidikan bisa digantikan dengan pertemuan secara daring.

Ketentuan belajar mandiri tersebut di atas tetap dimuat dalam draf standar nasional pendidikan kesetaraan yang akan datang.

Berikut ini tautan untuk mengunduh dokumen kontrak belajar. Dokumen kontrak belajar ini juga diperlukan untuk akreditasi butir 3.2.1 EDS.

  1. Dokumen kontrak belajar mandiri kurikulum 2013
  2. Dokumen kontrak belajar mandiri kurikulum lama.

1 tanggapan pada “Belajar Mandiri dan Dokumen Kontrak Belajar Peserta Didik”

Komentar ditutup.