Beasiswa S2 Bagi Guru SMP

logo dikbudYogyakarta (27/02/2014) Direktorat PPTK Dikdas Ditjen Dikdas pada tahun 2014 membuka kesempatan beasiswa S2 bagi guru SMP Negeri atau swasta. Program S2 diselenggarakan di UPI Bandung, UNY Yogyakarta, Unesa Surabaya, dan UM Malang yang terdiri dari lima program studi yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS dan Matematika. Penerima beasiswa akan berstatus tugas belajar dan dibiayai penuh, termasuk biaya hidup di lokasi program S2, oleh Direktorat PPTK Dikdas Ditjen Dikdas.

Diharapkan melalui program beasiswa S2 ini sekolah (SMP) memiliki pendidik  dan  tenaga  kependidikan  yang  lebih  kompeten, profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah sesuai dengan standar nasional pendidikan; dan pendidik dan tenaga kependidikan tersebut  dapat  menjadi  mentor  bagi  pendidik  dan  tenaga  kependidikan pemula.

Berkas pendaftaran proposal dikirim paling lambat minggu pertama bulan April 2014 (04 April 2014) dan ditujukan ke Subdit PTK SMP Direktorat PPTK Dikdas Ditjen Dikdas Kemdikbud.

Untuk mengunduh Pedoman Program Beasiswa S2 bagi Guru SMP Tahun 2014 dapat diklik di sini.

63 tanggapan pada “Beasiswa S2 Bagi Guru SMP”

      1. Pak Fauzi, Bagaimana kabar anda? kita pernah ketemu di Lomba LKI-LKN 2006 di Jakarta. sekarang semakin berkibar kelihatannya>

      1. ijin sharing, tahun lalu saya coba2 ikut bersama 5 teman guru yg lain. kami coba dari kab. tapanuli tengah. namun disatu syarat yaitu menyertakan surat tugas belajar dari pejabat berwenang. namun sekertaris dinas pendidikan menjelaskan bahwa jika surat tugas belajar hanya diberikan kepada calon mahasiswa atau mahasiswa yang sudah diterima di suatu perguruan tinggi. konsekwensinya jika sudah diberikan maka ybs tidak lagi menerima tunjangan apapun yang melekat pada ybs. maka kami pun tidak menyertakan syarat itu. akhirnya seperti yang sudah kami duga, kami pun tidak lulus seleksi berkas. Bagaimana pendapatnya mas Fauzi? Mohon pencerahannya. Trima kasih. Salam dari Tapanuli Tengah.

        1. Surat tugas belajar seperti yang disampaikan diterbitkan jika sudah diterima. Untuk memenuhi ketentuan tsb cukup surat keterangan dari dinas ybs yang isinya ijin untuk mengikuti seleksi dan bersedia menerbitkan surat tugas belajar jika diterima kelak.

    1. Seperti tertulis di dalam pedoman, hanya mereka yg berstatus guru SMP saja. Guru MTs pun tidak bisa. Tutor juga tidak bisa. Krn bunyi pedoman hanya guru SMP yang bisa mengajukan.

  1. Insya Allah ikut testing, semoga kali ini berhasil… Ohy Tapi klo surat edarannya belum ada yach? Di tunggu informasi updatenya. Salam silaturahim & Wassalam

    1. Untuk surat edaran silahkan rajin hubungi dinas pendidikan setempat jika sekolah blm mendapatkan. Namun jika mengunduh pedoman sudah cukup untuk mempersiapkan diri dan mengikuti alur/tahapan sebagaimana tercantum dalam pedoman.

  2. Apakah info ini sdh di share kan ke seluruh Diknas di masing2 kabupaten se-Indonesia?
    karena saya tanya di Dinas, belum ada Pak 🙁

    1. Alhamdulillah jika informasi ini mendahului informasi ke dinas kab/kota. Ibu bisa menyiapkan berkas2 dan mengikuti tahapan spt ada dalam pedoman (dapat diunduh pada akhir artikel). Jika perlu diprint dan disampaikan ke dinas. Jika ibu menyiapkan berkas menunggu setelah ada info resmi dari kementerian ke dinas via surat atau sosialisasi, bisa terlambat. Tapi btw, terserah Anda dlm menyikapi.

      1. Iya pak. Saya sgt berminat utk mengikuti seleksi program Beasiswa ini.
        Yg masih menjadi kendala bagi saya adalah pada kriteria calon peserta di poin e mengenai “Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang”. Bukankah untuk mendapatkan Surat TuBel mesti berdasarkan dari universitas bersangkutan yg menyatakan bahwa pegawai tersebut sedang berkuliah di Universitas tsb?
        Yg menjadi pertanyaanny, poin e tersebut “Surat TuBel dari pejabat berwenang” atau “surat izin mengikuti seleksi Peserta program beasiswa dari pejabat berwenang”? (mohon pencerahannya Pak)
        Terima kasih sebelumnya Pak 🙂

        1. saya coba menghubungi via telp ke P2TK-nya, tpi g’ bs Pak.
          Gimana Pak persyaratan calon peserta seleksi di point “e” tsb?

  3. Makasih infonya pak…sy pengen bangeet ikut, kalau lulus hrs di kota tempat deselenggarakan itu kt belajar, atau bs kuliah jauh

  4. terima kasih infonya pak…ini pedomannya saja ya pak.? surat pengumumannya kalo bisa dishare pak…terima kasih

  5. selain pedoman ada nda surat pemberitahuan ke dinas2 provinsi dan kabupaten?soalnya tanpa surat itu Surat tugas belajar nda bisa keluar dari BKD

  6. Terimakasih banyak Pak atas infonya
    Sebelumnya saya mohon izin Pak…. Saya Guru Produktif SMK yang mengajar Trknik Kendaraan Ringan….. Saya sangat ingin meningkatkan pendidikan saya lewat kuliah S2 Pak, dikarenakan keterbatasan ekonomi sekiranya berharap ada program seperti saat ini….
    Besar harapan saya Pak, melewati perantara Bapak saya dapat meningkatkan pendidikan saya guna bekal pada anak2 didik saya yang ada di Kalimantan.
    Thanks banyak Pak atas waktu yang diberikan….Semoga TUHAN melimpahkan rahmatnya pada kita semua…. Amien

    1. Silahkan baca lebih lanjut pedomannya. Di dalamnya sudah tertulis persyaratan dan tahapan yang harus diikuti. Silahkan diunduh pedomannya.

  7. tolong kami jg dikabari ya pak, kalo ada beasiswa buat guru SMK khususnya mapel kejuruan teknik mesin dan fisika…..trims

    1. Surat edaran berfungsi menghantarkan pedoman beasiswa secara resmi. Postingan ini membantu untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat.

  8. maaf pak. kalo boleh tau sumber panduan itu dari mana. soalnya saya sudah mengajukan kedinas. karena dinas belum dapat edarannya makanya mereka tanya sumbernya dari mana?. saya bilang dari internet dan teman. eh mereka masih gak percaya. katanya belum ada masuk surat edarannya di bagian PGTT dinas.

    1. Dari Direktorat P2TK Dikdas pak.. di dalam pedoman khan ada pejabat yang menandatangani, juga alamat dan nomor kontak utk konfirmasi. Jika tidak ada surat edaran, informasi disampaikan pada rakor dinas prov/kab/kota se-Indonesia. Dicetak lengkap saja panduannya pak dan disampaikan ke dinas.

  9. pak proposalnya itu harus dicantumkan besar anggarannya juga atau cuma surat permohonan aja dengan melamapirkan persyaratannya….thank’s

  10. trmksih infonya pak…..proposalnya langsung dikirim ke alamat yang ada di panduan atau melalui dinas kabupaten/kota masing2…..

      1. pak infonya kok belum masuk ke disdik kabupaten daerah saya, orang dinas ja gk tau saya udah datang dengan membawa berkas tp mereka gk tau info, atau belu ada suratnya ya pak?….

          1. pak klo langsung kirim ke alamat yang tercantum di panduan boleh pak? karena klo melalui dinas kabupaten/kota belum ada info kata mrka….

  11. Menurut informasi yg kita peroleh disini batas usia maksimal 48 tahun. Tapi, dari edaran yg saya peroleh dari diknas kabupaten batas usia maksimal 45 tahun. Yg benar yg mana ya?

Komentar ditutup.