IPI IPABIYogyakarta (25/05) Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen PAUDNI pada tahun 2013 mengalokasikan anggaran untuk kegiatan peningkatan kompetensi PTK Dikmas melalui kegiatan PPB yang dilakukan oleh IPABI dan IPI tingkat provinsi. Tersedia 20 (dua puluh) paket bantuan masing-masing sebesar Rp. 80 juta.

Alokasi anggaran bantuan sosial digunakan untuk peningkatan profesional berkelanjutan pamong belajar dan penilik. Pihak yang bisa mengajukan adalah Pengurus Daerah IPABI atau Dewan Pengurus Daerah IPI yang memenuhi persyaratan.

Peningkatan profesional berkelanjutan bagi pamong belajar dan penilik dilakukan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis yang akan dikoordinasikan melalui Ikatan Pamong Belajar Indonesia (IPABI) dan Ikatan Penilik Indonesia (IPI) di tingkat provinsi. Kegiatan diklat ini sekaligus sebagai sarana untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan Peraturan Menteri Negara Pendayaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan dan RB) Nomor 14 Tahun 2010  tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya serta Permenpan dan RB Nomor 15 Tahun 2010 Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya.

Untuk mengunduh juklak PPB bagi pamong belajar dan penilik provinsi dapat diklik di sini.