DSC08046Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan Profesi Pendidik memberi kesempatan kepada pamong belajar, tutor pendidikan keaksaraan, tutor pendidikan kesetaraan, dan instruktur kursus untuk terlibat penulisan buku ajar peningkatan kompetensi pendidik pendidikan nonformal (PNF). Usulan penulisan sudah harus diterima pada minggu III bulan Juli (cap pos) di Kemendikbud.

Tujuan penulisan buku ajar adalah memberikan motivasi kepada pendidik PNF untuk melakukan pengembangan berfikir dan bertindak kreatif, membentuk sikap rasional dan ilmiah, membentuk kesadaran kritis dan meningkatkan budaya menulis karya ilmiah pendidik PNF terkait dengan kompetensinya.

Adapun persyaratan di antaranya adalah (1) penulisan setiap judul buku dilakukan secara perorangan/individual; (2) setiap peserta hanya berhak mengusulkan satu tema yang akan ditulis. (3) melampirkan curriculum vitae; dan (4) pengusul direkomendasi oleh ketua lembaga PNF tempat bertugas, berkaitan dengan kemampuannya menulis.

Kriteria peserta adalah berstatus sebagai pamong belajar, tutor pendidikan kesetaraan, atau instruktur kursus. Sedangkan kriteria khusus peserta adalah (1) memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang yang akan ditulis; (2) berpengalaman mengajar dalam bidangnya; (3) belum memiliki buku ajar yang pernah diterbitkan dalam tema yang sama oleh penerbit bebas; (4) memenuhi persyaratan administratif yang diwajibkan.

Setiap usulan yang lolos akan diberi bantuan sebesar Rp. 9 juta untuk penyelesaian penulisan dan diberikan pendampingan oleh tim ahli. Untuk mengetahui pedoman bantuan penulisan bahan ajar secara lebih lengkap dapat diunduh tautan ini.