Model PB SKBTahun 2012 ini IPABI Provinsi berpeluang mendapatkan 16 paket bantuan sosial untuk kegiatan peningkatan profesional berkelanjutan dari Direktorat PPTK PAUDNI Ditjen Kemdikbud masing-masing sebesar Rp. 75 juta. Di samping itu IPABI Provinsi bersama Himpaudi Provinsi, IGTKI Provinsi, dan IPI Provinsi akan memperebutkan 90 paket bantuan penyelenggaraan Diklat Dasar PAUD @ sebesar Rp. 90 juta.

Kegiatan peningkatan profesional berkelanjutan (PPB) dilaksanakan dalam bentuk putaran kegiatan minimal delapan kali kegiatan yang diikuti oleh pamong belajar dari jangkauan wilayah yang terjangkau dengan perjalanan darat. Sehingga pelaksanaan kegiatan PPB ini bisa dilaksanakan dalam jangka waktu satu sampai tiga bulan. Artinya kegiatan tidak boleh dilakukan dalam kurun waktu beberapa hari dan menginap untuk memenuhi ketentuan minimal 40 jam pelajaran.

Sasaran PPB adalah pamong belajar dengan jumlah minimal 40 orang. Kegiatan PPB melalui bantuan langsung ini diorientasikan kepada peningkatan kemampuan penulisan karya tulis ilmiah. Kemampuan ini masih perlu ditingkatkan lagi karena sekarang ini kapasitas pamong belajar dalam penulisan karya tulis ilmiah belum optimal. Padahal pamong belajar saat ini diwajibkan mengumpulkan angka kredit pengembangan profesi sebagai syarat kenaikan pangkat/jabatan.

IPABI provinsi dalam menyelenggarakan kegiatan PPB dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi setempat untuk mendapatkan bantuan narasumber yang mumpuni di bidang penulisan karya tulis imliah. Pemilihan narasumber dari perguruan tinggi ini diprioritas yang sudah memahami tugas pokok jabatan fungsional pamong belajar.

Proposal PPB Pamong Belajar dari IPABI Provinsi sudah diterima oleh Direktorat PPTK Ditjen PAUDNI pada bulan April 2012.

Sementara itu, IPABI provinsi juga dapat mengakses bantuan langsung sebagai training provider Diklat PAUD tingkat Dasar sebesar 90 paket @ Rp. 90 juta. Sasaran minimal sebanyak 40 orang. IPABI provinsi sebagai penerima dana bantuan langsung diharapkan berkoordinasi dengan BPKB atau UPTD/UPTD dan Himpaudi setempat. Proposal bantuan langsung Diklat PAUD tingkat Dasar sudah diterima oleh Direktorat PPTK Ditjen PAUDNI paling lambat tanggal 30 Maret 2012.