239224_uang-kertas-pecahan-rp100-000-rupiahYogyakarta (08/07) Modus pasca bayar adalah salah satu modus politik uang yang diduga bisa terjadi pada Pilpres 2014 ini. Caranya yaitu pemilih mendokumentasikan hasil coblosannya untuk menukarkan dengan sejumlah uang pada oknum tim sukses.

Komisioner KPU Sigit Pamungkas menjelaskan bahwa modus ini perlu diwaspadai pada Pilpres kali ini. Apalagi banyak perangkat HP yang dapat digunakan untuk mendokumentasikan aktivitas di dalam bilik suara. Pilihan modus pasca bayar ini lebih menarik, dan pasti.

“Selama ini ada asumsi memilih pasca bayar dan pendokumentasian itu bagian dari sarana pembuktian mereka bisa dibayar,” terangnya pada Selasa (08/07) sebagaimana dikutip dari detik.com.

Oleh karena itu pada Pilpres kali ini pemilih dilarang membawa HP atau gadget yang berkamera ke dalam bilik suara. Pemilih yang membawa alat berkamera diminta dititipkan ke petugas KPPS sebelum masuk ke dalam bilik suara. Setelah mencoblos dan mencelupkan tinta di jari, mereka bisa mengambil kembali barang mereka.